Beranda Warganet Warga Ternate merasakan gempa berkekuatan 4,8 SR.

Warga Ternate merasakan gempa berkekuatan 4,8 SR.

Jakarta (ANTARA). Menurut informasi yang diterima Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Jakarta, Sabtu malam sekitar pukul 22.37 WIB, warga merasakan gempa berkekuatan 4,8 SR di Ternate, Maluku Utara.

Situs resmi BMKG melaporkan bahwa titik gempa berada di 1,30 derajat LU dan 127,12 derajat BT. Pusat gempa berada di laut pada jarak 47 kilometer barat laut Gailolo pada kedalaman 10 kilometer.

“Gempa ini diyakini menular ke masyarakat,” kata BMKG dalam keterangannya.

Gempa dirasakan di Ternate dalam skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III. Menurut BMKG, skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa, apalagi jika tidak ada seismometer di lokasi kejadian.

Pada skala MMI II, getaran dirasakan oleh beberapa orang, dan benda ringan yang digantung bergetar. Pada skala MMI III, getaran terasa seperti di dalam rumah, dan getaran terasa seperti truk sedang melaju.

Pada skala MMI IV, gempa dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah, di luar rumah dan dicatat antara lain oleh derit jendela atau pintu dan suara tembok.

Pada skala V MMI, getaran dirasakan oleh hampir semua orang, seperti yang ditunjukkan oleh benda yang memantul, pilar, dan benda besar.

BMKG meminta masyarakat tetap waspada terhadap potensi gempa.

Artikel sebelumyaMeneg BUMN: Kebersamaan Kunci Lawan COVID-19
Artikel berikutnyaBMKG memperingatkan masyarakat tentang kemungkinan kondisi cuaca ekstrem.