Beranda Warganet Wapres: Pemerintah juga memprioritaskan pekerja rentan untuk Jamsostek.

Wapres: Pemerintah juga memprioritaskan pekerja rentan untuk Jamsostek.

Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Maaruf Amin mengatakan pemerintah akan terus mendukung penerapan Sistem Kesejahteraan Tenaga Kerja (Jamsostek) bagi seluruh pekerja, termasuk prioritas bagi pekerja rentan.

“Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dan peraturan seperti Keputusan Presiden Nomor 2 Tahun 2021 dan Permendagri Nomor 27 Tahun 2021 sebagai komitmen untuk mengefektifkan program perlindungan Jamsostek,” kata Wapres dalam pesan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Maaruf mengatakan Perpres Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Program Kesejahteraan Kerja dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyusunan APBD 2022 yang mengatur tentang penganggaran merupakan wujud nyata komitmen pemerintah. untuk mendukung pelaksanaan Jamsostek secara umum.

Permendagri mengatur perlindungan Jamsostek melalui penganggaran APBD tahun 2022 bagi tenaga kerja non-ASN, penyelenggara pemilu, tenaga kerja rentan, dan pegawai BUMD.

Sebelumnya, Wapres memberikan Paritran Award 2020 secara online. Paritrana Awards keempat merupakan penghargaan tahunan pemerintah melalui Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) yang didukung oleh Kementerian Sumber Daya Manusia dan Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan Paritrana merupakan ucapan terima kasih kepada para pihak atas dukungan dan kesepakatannya dalam mendukung pelaksanaan Jamsostek di tahun sebelumnya.

Pelamar Paritrana Award dikategorikan sebagai pemerintah provinsi, kabupaten/kota, dan perusahaan atau bisnis mulai dari usaha besar, menengah hingga kecil dan menengah (UKM).

Direktur BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Kahio mengatakan Paritrana Award 2020 didukung oleh 34 provinsi, 124 kabupaten/kota, 143 perusahaan besar, 157 menengah dan 34 usaha kecil dan menengah yang mewakili masing-masing provinsi.

“Semua calon diseleksi secara bertahap hingga menjadi tumpeng saat wawancara dan menerima calon pemenang dari 7 provinsi, 8 kabupaten/kota, 9 usaha besar dan 9 usaha menengah,” kata Anggoro.

Terkait pernyataan Wapres, Anggoro memuji dukungan pemerintah terhadap regulasi yang menjadi pedoman perluasan cakupan perlindungan Jamsostek.

BPJAMSOSTEK menyatakan siap bekerja sama dengan semua pihak terkait, baik pusat maupun daerah, untuk menjamin kesejahteraan pekerja dan keluarganya. “Semoga segala usaha dan doa kita dirahmati Allah SWT sehingga kesejahteraan para pekerja dapat terwujud melalui manfaat program Jamsostek,” ujar Anggoro*.

Artikel sebelumyaKunjungi DIY, Djokovi Ingatkan Anda untuk Hidup di Dunia COVID-19
Artikel berikutnyaTim Biawak Bekasi angkat 50 ton sampah dari Sungai Pena