Beranda News Wapres Minta Pemerintah Daerah Tingkatkan Edukasi Masyarakat tentang Mitigasi Bencana

Wapres Minta Pemerintah Daerah Tingkatkan Edukasi Masyarakat tentang Mitigasi Bencana

Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Maaruf Amin meminta pemerintah daerah di semua tingkatan meningkatkan edukasi masyarakat tentang upaya mitigasi bencana di berbagai daerah sebagai upaya penanggulangan bencana jangka panjang.

“Penanganan jangka panjang seperti pelestarian tanah dan air di hulu melalui penghijauan, penataan DAS, dan pendidikan masyarakat perlu lebih diperkuat,” kata Wapres dalam sebuah pernyataan di Jakarta, Jumat.

Wapres juga mendesak pemerintah daerah berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga pemerintah non-pemerintah (K/L) di tingkat pusat untuk memitigasi dampak perubahan cuaca ekstrem di berbagai daerah.

“Saya menghimbau kepada seluruh jajaran pemerintahan, baik pusat maupun daerah, untuk mengambil berbagai langkah mitigasi dampak perubahan cuaca ekstrim tersebut,” jelasnya.

Perencanaan mitigasi perlu dilakukan lebih baik untuk mengantisipasi kejadian alam, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan.

“Perbaiki perencanaan mitigasi mengingat peringatan dari BMKG sudah dibuat jauh sebelum ini,” katanya.

Sedangkan untuk respon jangka pendek, Wapres meminta pemerintah daerah mulai mengajak masyarakat untuk mulai bekerja sama dalam penanggulangan bencana.

Wapres juga meminta pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan dampak perubahan iklim dan cuaca di berbagai wilayah di Indonesia.

“Tingkatkan kewaspadaan karena dampak perubahan iklim dan kejadian cuaca ekstrem tidak dapat diprediksi sepenuhnya dengan pasti. Sebagai bangsa pembelajar, kita perlu mengambil pelajaran berharga dari bencana masa lalu,” ujarnya.

Artikel sebelumyaKSP awasi penyelesaian masalah TKA di Sulawesi Tenggara
Artikel berikutnyaKejaksaan Sulut Hentikan Sidang Tiga Kasus Pidana