Beranda News Wapres menginstruksikan kepada kepala daerah untuk segera mengambil tindakan untuk menghilangkan akibat...

Wapres menginstruksikan kepada kepala daerah untuk segera mengambil tindakan untuk menghilangkan akibat dari bencana alam.

Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Maaruf Amin menginstruksikan kepada seluruh gubernur, bupati, dan walikota untuk segera melakukan tindakan mitigasi dampak bencana alam di berbagai daerah.

“Saya ingatkan kepada seluruh gubernur, bupati, dan walikota Indonesia tentang pentingnya melakukan langkah-langkah mitigasi sejak dini,” kata Wapres dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Wapres mengatakan selama ini telah terjadi bencana alam, antara lain banjir bandang di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur; banjir batu di Kabupaten Pasitan, Provinsi Jawa Timur; banjir di Kota Sintang, Provinsi Kalimantan Barat; dan juga di DKI Jakarta.

Salah satu bencana alam tersebut disebabkan oleh curah hujan yang tinggi di beberapa wilayah Indonesia baru-baru ini, kata Wapres.

“Secara keseluruhan, kita tahu musim hujan akan jatuh setiap bulan Oktober. Tapi tahun ini, sejak awal, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan kita bahwa dari November 2021 hingga Januari 2022 kita akan menerima lebih banyak curah hujan, ”jelasnya.

Saat ini, lanjut Wapres, telah terjadi perubahan suhu di perairan Samudera Pasifik yang disebabkan oleh pemanasan global.

Menurut laporan BMKG, salah satu anomali suhu adalah penurunan suhu air laut di perairan Samudra Pasifik, atau yang disebut fenomena La Niña.

Fenomena La Niño berdampak pada peningkatan curah hujan di Indonesia yang 20-70 persen lebih tinggi dari biasanya, yang menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan badai tropis.

“Keparahan bencana hidrometeorologi meningkat dengan kerusakan lingkungan di hulu dan kerusakan lingkungan di sepanjang sungai,” kata Wapres.

Artikel sebelumyaUI Hormati Putusan PTTUN Tolak Gugatan Mantan Rektor UI
Artikel berikutnyaPresiden berencana uji langsung lintasan Mandalika