Beranda Nusantara Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menegaskan upaya peningkatan akses masyarakat terhadap...

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menegaskan upaya peningkatan akses masyarakat terhadap pengelolaan hutan

Memang banyak perizinan yang kami evaluasi, terutama sawit.

Jakarta (ANTARA). Alue Dohong, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), mengatakan pemerintah terus berupaya untuk memastikan akses masyarakat yang lebih besar terhadap pengelolaan lahan hutan, salah satunya perhutanan sosial.

“Untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pengelolaan hutan, ada dua program utama pemerintah, yang pertama adalah perhutanan sosial,” kata Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di Gedung DPR Senayan. bangunan. Jakarta, Senin.

Alue menjelaskan, pemerintah bermaksud memberikan hak pengelolaan kepada masyarakat sekitar 12,7 juta hektar kawasan hutan pada tahun 2024.

Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, per 1 Agustus 2022, pelaksanaan perhutanan sosial mencapai 5.030.736,09 ha dengan partisipasi 1.113.234 kepala keluarga yang menerima 7.650 unit SC.

Perhutanan sosial sendiri terbagi menjadi lima lima skema, yaitu hutan desa, hutan rakyat, pekebun hutan rakyat, hutan kemitraan dan hutan biasa.

Skema kedua untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pengelolaan hutan adalah Obyek Tanah untuk Pembaruan Agraria (TORA), dengan MEF menyediakan 4,1 juta hektar hutan produktif yang dikonversi tidak produktif (NCP).

“Ini semua merupakan upaya pemerintah untuk memastikan pemerataan dalam pengelolaan akses hutan,” kata Alue.

Harapannya adalah untuk mencapai keseimbangan antara hutan yang dikelola masyarakat dan perusahaan.

Dia juga mengatakan pemerintah terus mengevaluasi izin pengelolaan yang tidak produktif.

“Dalam konteks implementasi UU Cipta Kerja, kami banyak mengevaluasi (izin), terutama untuk kelapa sawit, termasuk pertambangan, kepemilikan hutan lainnya,” kata Alue Dohong.

Artikel sebelumyaWakil Menteri LHK: SVLK Akan Pastikan Pengelolaan Hutan Lestari
Artikel berikutnyaPeneliti : Perlu diteliti sumber air di daerah kering