Beranda Nusantara Wakil Ketua Komisi IV DPR: Sanggabuana Setuju Jadi Taman Nasional

Wakil Ketua Komisi IV DPR: Sanggabuana Setuju Jadi Taman Nasional

Karawang (ANTARA) – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Muladi mengatakan Komisi IV DPR dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sepakat menjadikan kawasan Gunung Sangabuana di Jawa Barat sebagai taman nasional.

Kesepakatan itu, menurut dia, tertuang dalam keputusan rapat pada Rabu (22 September) antara Komisi IV DPR yang membidangi lingkungan hidup dan kehutanan, dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang dihadiri oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Nurbay.

“Secara administratif, KLHK telah diberikan untuk menjadikan kawasan Gunung Sangabuan sebagai kawasan konservasi sebagai taman nasional,” kata Dedi, Kamis, menanggapi panggilan telepon dari Karawang.

Dikatakannya, dalam rapat dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Komisi IV DPR juga meminta Kementerian mengkaji kondisi hutan yang menjadi habitat satwa dilindungi di kawasan Gunung Sangabuan.

Gunung Sangabuan terdapat di Kabupaten Purvakarta, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tsianjur.

Dedi yang pernah menjabat sebagai Bupati Purvakarta mengatakan, Gunung Sangabuana diusulkan untuk dijadikan taman nasional agar seluruh wilayahnya dilindungi oleh negara.

Pada awal September 2021, Dedi dan tim Ekspedisi Satwa Sangabuan memasang 20 kamera trap untuk mengamati satwa liar di Sangabuan.

Kamera trap yang dipasang ekspedisi merekam keberadaan macan tutul jawa, musang, babi hutan dan rusa di kawasan hutan.

Artikel sebelumyaMenteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Update NDC Tunjukkan Komitmen Indonesia yang Tumbuh
Artikel berikutnyaMemantau dinamika atmosfer berkontribusi untuk mengurangi konsekuensi bencana hidrometeorologis