Beranda News UP perkuat peran Pancasila dalam persaingan global

UP perkuat peran Pancasila dalam persaingan global

Jakarta (ANTARA) – Universitas Pancasila (UP) perkuat karya Pancasila dalam persaingan global dimana Telah terbukti bahwa sebagai falsafah dan dasar kehidupan berbangsa, Pancasila mampu mempersatukan bangsa dengan segala keragamannya sehingga dapat hidup rukun dan damai.

“Sebagai perguruan tinggi yang menyandang nama besar Pancasila, Universitas Pancasila menyadari bahwa perguruan tinggi memiliki tanggung jawab yang besar untuk melestarikan nilai-nilai Pancasila,” kata Rektor UP Prof. Edi Tooet Hendratno usai Official Opening Ceremony di kampus UP Jakarta, Kamis.

Rektor mengatakan, implementasi nilai-nilai Pancasila harus memiliki strategi yang berbeda agar tidak ketinggalan zaman dalam perubahan dunia selanjutnya, serta harus mampu dikuatkan dan menjadi panutan masyarakat dunia.

Karena kita telah melantik beberapa pejabat dengan posisi strategis yang berbeda-beda. Salah satu nominasinya adalah D. Darmansia Jumala, SE., MA. sebagai Ketua Pusat Studi Pancasila Universitas Pancasila (PSP UP).

Rektor Universitas Pancasila berharap melalui pengalaman Darmansia yang saat ini juga menjabat sebagai dewan ahli Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan sebelumnya pernah menjabat sebagai Duta Besar dan Wakil Tetap Indonesia untuk PBB dan organisasi internasional lainnya di Wina , Austria, Menjadikan Pusat Penelitian Pancasila pusat keunggulan dan mempelopori implementasi nyata nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan kampus.

Dengan cara ini, lanjutnya, mahasiswa dapat terhindar dari ideologi destruktif. Mahasiswa diharapkan mampu menumbuhkan sikap toleransi, menghargai keberagaman dan terbuka terhadap perbedaan – sikap yang diharapkan tumbuh dari seorang intelektual berpendidikan perguruan tinggi sehingga dapat menjadi motor penggerak dalam pelestarian nilai-nilai Pancasila.

Juga, Dra. Diennaryati Tjokrosuprihatono, M.S. Psikiatri, Psikolog menjabat Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Hukum, Hubungan Masyarakat dan Perusahaan, mantan Duta Besar Indonesia untuk Ekuador.

Kehadiran para duta besar yang berpengalaman dalam mewakili nilai-nilai Pancasila di dunia internasional dapat lebih memacu kegiatan Universitas Pancasila untuk mensosialisasikan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

Apalagi sekarang dengan adanya Kampus Merdeka Belajar Merdeka (MBKM), Program Lomba Kampus Merdeka (PKKM), Dana Terkait dan lain-lain, membuka peluang bagi Universitas Pancasila untuk bekerjasama dengan banyak pihak sehingga dapat lebih menyebarkan ideologi Pancasila dalam berbagai proyek nasional dan internasional.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina YPP UP Siswono Yudo Husodo mengatakan bahwa menempatkan orang yang tepat di tempat yang tepat merupakan salah satu upaya Universitas Pancasila untuk menciptakan iklim yang baik di dunia kerja, menjawab tantangan masa depan, dan membangun jaringan yang luas dengan dunia global.

Artikel sebelumyaJokowi: Saya melihat polisi masih bekerja keras untuk melayani masyarakat.
Artikel berikutnyaPKT Jabar buka pos pengaduan pencatutan partai politik