Beranda Warganet TNI-AL Gelar Lomba Pelestarian Budaya Sampan di Babel

TNI-AL Gelar Lomba Pelestarian Budaya Sampan di Babel

Olahraga tradisional kano harus didukung dan dilestarikan sebagai warisan budaya yang mampu mendorong pertumbuhan sektor pariwisata daerah.

Sungailiat, Bangka (ANTARA) – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bangka Belitung (Babylon) menggelar lomba kano sebagai sarana melestarikan budaya olahraga tradisional bagi nelayan dan masyarakat umum di wilayah tersebut.

Balapan perahu Danlanal Babel Cup 2022 di perairan Dermaga Air Sungailiat pada hari Minggu bertepatan dengan kemeriahan dan kebangkitan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77.

Letnan Kolonel Marinir Danlanal Babel (P) Dadan Hamdani mengatakan, even olahraga tradisional, balap kano dan penggunaan perahu nelayan hias menjadi momentum untuk mempererat tali silaturrahmi dan meningkatkan sinergitas TNI, Polri, pemerintah daerah dan masyarakat.

“Kompetisi ini tidak hanya membutuhkan kekompakan tim, tetapi juga kelincahan, kecepatan dinamis,” ujarnya.

Ia mengatakan olahraga tradisional balap kano harus didukung dan dilestarikan sebagai warisan budaya yang mampu mendorong pertumbuhan sektor pariwisata daerah.

“Saya berharap kompetisi tradisional ini juga dapat menjadi sarana pembelajaran, menginspirasi masyarakat untuk mencintai budaya daerah, dan mempersiapkan atlet yang memiliki rekor baik regional, nasional, dan internasional,” kata Dunlanal.

Sekitar 1.000 peserta dari sejumlah daerah di wilayah tersebut mengikuti lomba kano dan dekorasi perahu nelayan untuk memperebutkan Babel Danlanal Cup 2022.

Kegiatan yang cukup semarak ini dinilai mampu membantu peningkatan sektor ekonomi kreatif skala mikro, ujar Hamdani.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Shahbudin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada armada Babilonia yang telah memulai balap kano.

“Kompetisi ini cukup menarik dan menarik perhatian karena sangat penting sebagai sarana melestarikan olahraga tradisional, sekaligus mendukung pengembangan sektor pariwisata,” ujarnya.

Artikel sebelumyaChina menetapkan rekor dunia baru untuk studi medan magnet kuat yang stabil
Artikel berikutnyaIndonesia raih penghargaan IRRI atas pencapaian swasembada beras