Beranda News The Jupiters bersyukur atas kesempatan untuk mencerahkan langit di Istana Merdeka.

The Jupiters bersyukur atas kesempatan untuk mencerahkan langit di Istana Merdeka.

Jakarta (ANTARA) – Tim Aerobatik Jupiter atau The Jupiters terima kasih telah dipercaya menghidupkan HUT TNI ke-77 dengan berbagai manuver udara menghiasi langit di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

“Atas nama Jupiter, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Bapak Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Udara. . TNI Angkatan Udara, Marsekal Fajar Prasetyo, yang telah diberi kesempatan untuk tampil pertama kali pada acara ini di Istana Merdeka sebagai bagian dari perayaan HUT TNI ke-77,” ujarnya. Pemimpin “Jupiter” atau “Jupiter-1”, kata Letnan Kolonel Penerbangan Ripdho Utomo kepada koresponden ANTARA, Rabu di Jakarta.

Terkait kemunculan Jupiters di Istana Merdeka, Komandan Skadron Latihan Pendidikan 100 Wing 102 yang bertempat di Lanud Adi Sucipto TNI AU Yogyakarta melaporkan sejumlah kendala yang dialami tim aerobatik TNI AU. ditemui saat latihan dan penampilan di HUT TNI AU ke-77, Rabu pagi.

Salah satu kendalanya, kata dia, Jupiter harus melakukan manuver aerobatic secara vertikal di tengah padatnya gedung-gedung tinggi Jakarta.

“Apalagi dengan enam pesawat, ini menjadi tantangan tersendiri bagi Jupiters, yang harus bisa memanjakan penonton dengan manuver-manuver yang seru, tapi safety tetap terjaga pada level yang tepat,” jelasnya.

Selain itu, kondisi cuaca yang tidak menentu dan hujan lebat memaksa Jupiters untuk mempersiapkan manuver udara alternatif. “Misalnya seperti hari ini, dalam cuaca mendung setelah hujan, kondisi di area demonstrasi agak redup,” katanya. Pada pagi hari tanggal 5 Oktober, awan mendung menutupi Jakarta, dari mana rintik hujan turun.

Namun, ia menekankan prinsip Jupiter bahwa pertunjukan harus berlanjut (Pertunjukan harus terus berlangsung).

Di antara berbagai kendala, berkat kepiawaian, persiapan dan kerja tim anggotanya, The Jupiters berhasil menyuguhkan tontonan menarik bagi masyarakat Indonesia di tengah perayaan HUT TNI ke-77.

Pertunjukan harus terus berlangsung. Berkat kepiawaian, persiapan dan kerjasama tim yang baik dari seluruh anggota The Jupiters, kami mampu mempersembahkan tontonan yang sangat menarik bagi masyarakat Indonesia. Perkembangan dalam rangka memperingati HUT TNI ke-77,” ujarnya.

Dibutuhkan posisi Jupiter-1, yang merupakan pemimpin kelompok di udara. Jupiter yang bekerja di udara terdiri dari Jupiter 2 atau sayap kanan (Kepala Pilot I Gede Ngurah), Jupiter 3 atau sayap kiri (Pilot Mayor Pujo Setyo Anggoro) dan Jupiter-4 (Kapten Bayu Anugera).

Kemudian Jupiter 5 atau sinkronisasi utama (penerbang utama Ferdian Habibi) dan Jupiter 6 atau sinkronis (Mayor Pilot Idam Satriya). Selain mereka, ada juga narator di darat, yang juga mendapat tanda panggilan Jupiter 7, yaitu Kapten Penerbangan Putu Satria Kedaton.

Sebelumnya, untuk memperingati HUT TNI ke-77 di Istana Merdeka, Jupiters dengan enam KT-B turboprop Wong Bi dengan sejumlah manuver udara, termasuk elang k Lingkaran Panah yang melambangkan bahwa TNI Angkatan Udara adalah sayap pelindung negara di udara.

Kemudian, Keuntungan Pemimpin dengan Ripdho sebagai Jupiter-1 di depan, diikuti oleh lima Jupiter lainnya yang terbang tepat di belakangnya dalam formasi linier.

Manuver-manuver ini melambangkan integritas yang tinggi kepada pemimpin, dan pemimpin harus menjadi panutan. Seperti halnya TNI yang berpegang teguh pada kesetiaannya kepada Panglima Tertinggi, yaitu Presiden Republik Indonesia.

Dan ada juga manuver udara jantung, dimana selama manuver Jupiter 5 dan 6, yaitu pilot Mayor Ferdian Habibi dan Idam Satria, melukis langit berbentuk hati sebagai simbol cinta Jupiter untuk Indonesia.

Artikel sebelumyaPuluhan Mahasiswa Kunjungi Balai Kota Medan untuk Menyaksikan Karya Walikota
Artikel berikutnyaTingkat kepercayaan masyarakat tertinggi terhadap TNI