Beranda News Tarik tambang TNI AD dengan pasukan AS

Tarik tambang TNI AD dengan pasukan AS

Acara ini bertujuan untuk lebih mengenalkan personel kedua pasukan.

Balikpapan (ANTARA) – Pasukan gabungan TNI Angkatan Darat dan Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army) menggelar tarik tambang di Pantai Lamaru, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu.

Tepuk tangan dan tepuk tangan dari para penonton bergemuruh saat mereka bersorak untuk tarik tambang.

“Kegiatan ini dilakukan untuk lebih mengenalkan personel kedua pasukan tersebut,” kata Pangdam V.I. Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Menurutnya, pada Hari Olahraga dan Kebudayaan (Hari Olahraga dan Kebudayaan) tersebut, latihan bersama Super Garuda Shield 2022 (Latma) tidak hanya meliputi tarik tambang, tetapi juga berbagai perlombaan dan pertandingan khusus yang dipersembahkan untuk memperingati Hari Olahraga dan Kebudayaan ke-77. ulang tahun kemerdekaan Indonesia.

Begitu pula saat lomba karung dan lomba bakiak raksasa, sorak-sorai penonton juga menambah semarak suasana di pantai.

Suasana Pantai Lamaru pun semakin semarak saat memasuki acara seni dan budaya. Prajurit TNI mempersembahkan tari hudok, tari kechak, tari tawai dan reog terbaik.

“Tarian kechak sudah dikreasikan kembali,” kata Kolonel Taufik Hanif, Kabag Penerangan Kodam VI Mulawarman.

Selama acara berlangsung, panitia menyajikan berbagai masakan khas dan tradisional Indonesia. Soto Banjar dan Nasi Pechel antara lain menjadi menu andalan.

Tarik-menarik antara prajurit TNI dan Angkatan Darat AS di Pantai Lamaru, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (13 Agustus 2022). ANTARA/HO-Pendam VI/Mlw.

Pangdam Tri Budi menjelaskan acara olahraga dan budaya ini bertujuan untuk memperkenalkan kedua negara melalui pelatihan staf bersama di Super Garuda Shield 2022.

“Hanya nanti skalanya akan ditingkatkan ke wilayah yang lebih luas dengan kemitraan yang lebih besar lagi,” kata Pangdam.

Ia menegaskan Latma Super Garuda Shield merupakan latihan gabungan antara TNI AD dengan TNI AD.

Dalam latihan di Pusdiklat TNI AD di Amborawang, 50 km utara Balikpapan, TNI AD mengerahkan Batalyon Infanteri (BWU) Bhakti Wira Utama 623 yang bermarkas di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Angkatan Darat AS mengirim 173 infanteri dari batalion yang berbasis di Hawaii.

Latihan bersama Super Garuda Shield di Amborawang merupakan salah satu dari tiga tempat latihan bersama selain Batu Raja, Sumatera Selatan, dan Dabo Singkep, Jambi.

Artikel sebelumyaSemangat membara, Pasquibraka 2022 tak sabar untuk tampil di puncak HUT RI
Artikel berikutnyaLab Polri mengawal Komnas HAM untuk mengusut TKP Duren Tiga.