Beranda News Survei SPIN: Sebagian Besar Warga Beri Kinerja Bagus untuk Pemerintahan Jokovi

Survei SPIN: Sebagian Besar Warga Beri Kinerja Bagus untuk Pemerintahan Jokovi

Jakarta (ANTARA) – Jajak pendapat Badan Survei dan Survei Indonesia (SPIN) menunjukkan sebagian besar warga menilai kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini baik (44,6 persen) dan membaik (4,7 persen).

“Jajak pendapat yang dilakukan oleh SPIN menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat melihat kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo yang baik, serta langkah-langkah untuk memerangi pandemi COVID-19,” kata Direktur SPIN Igor Dirgantara dalam sebuah pernyataan di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, hasil ini merupakan bentuk pencapaian yang sangat baik dalam konteks produktivitas, karena tanpa perlu banyak mengambil gambar, seperti memasang reklame, pekerjaan pemerintah masih dinilai sangat baik oleh masyarakat.

Dia menilai, penilaian positif masyarakat terhadap kegiatan pemerintah ini disebabkan oleh perang melawan COVID-19 dan masalah-masalah yang muncul darinya yang secara umum semakin membaik.

“Hal ini juga ditegaskan dengan tingginya tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Presiden Djokovi,” ujarnya.

Dijelaskannya, 43,7 persen penduduk puas dengan kinerja pemerintahan Presiden Djokovi, dan 3,4 persen menyatakan sangat senang.

Survei tersebut juga menunjukkan bahwa 23,9 persen publik memberikan penilaian sangat puas dan puas terhadap kegiatan Kementerian Pertahanan yang dipimpin oleh Prabovo Subianto. Urutan berikutnya ditempati Kementerian Kesehatan yang diketuai Budi Gunadi Sadykin dengan 21,5 persen.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dipimpin oleh Sandiaga Uno dengan 21,3 persen, Menteri Negara BUMN Erik Tohir 19,3 persen, Menteri Keuangan Shri Mulyani 18,7 persen, Kementerian Koordinator Perekonomian Airlang Hartarto 18,1 persen dan Kementerian Sosial kasus memimpin oleh Tri Rismaharini 17,2 persen.

Survei SPIN dilakukan pada 7-21 Agustus 2021, dengan 1.670 responden berusia 17 tahun ke atas di 34 provinsi.

Metode pengambilan sampel menggunakan metode “multistage random sampling”, tingkat kepercayaan 95% dan margin of error ± 2,4%. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung dengan menggunakan kuesioner.

Artikel sebelumyaSpin Survey: Selektivitas Prabowo Masih Tertinggi
Artikel berikutnyaPusat daur ulang sampah di Bandung