Beranda Nusantara Surabaya memenangkan Penghargaan Udara Terbersih di Asia Tenggara

Surabaya memenangkan Penghargaan Udara Terbersih di Asia Tenggara

beberapa kategori penghargaan yaitu udara bersih, tanah bersih dan air bersih. Kota Surabaya telah menerima penghargaan dalam kategori Udara Bersih se-ASEAN.

Surabaya (ANTARA) – Kota Surabaya, Jawa Timur, meraih penghargaan kategori ASEAN Sustainable City (ESC) untuk udara terbersih di kota-kota besar.

“Kota Surabaya dinilai mampu menangani emisi dan polusi dan itulah yang kami lakukan di Surabaya, oleh karena itu mendapat penghargaan ini,” kata Wali Kota Surabaya Eri Chahyadi dalam siaran pers usai menerima penghargaan di 5th ASEAN ESC Penghargaan dan Sertifikat Pengakuan ke-4” di Jakarta, Kamis.

Saat menerima penghargaan, Walikota Erie mengatakan ada beberapa kategori dalam penghargaan ini, yaitu udara bersih, tanah bersih, dan air bersih. Sementara itu, Kota Surabaya mendapat penghargaan dalam kategori udara bersih (clean air) se-ASEAN.

Menurutnya, penghargaan udara terbersih tingkat ASEAN ini merupakan kemenangan pertama Surabaya. Sebab, lanjutnya, hingga saat ini Surabaya belum pernah mendapatkan penghargaan seperti itu di tingkat ASEAN.

“Penghargaan ini baru akan kami terima pada tahun 2021,” ujarnya.

Eri juga menjelaskan bagaimana Surabaya mengatasi emisi dan polusi udara, salah satunya dengan peningkatan ruang terbuka hijau (RTH). Selain itu, Pemkot juga selalu membuat inovasi terbaik bagi warga dan Kota Surabaya, baik dari segi air, darat maupun udara.

“Kami terus mengembangkannya,” katanya.

Walikota Erie mencontohkan banyaknya hutan bakau yang tersebar di sekitar Kota Surabaya. Mangrove terus berubah menjadi tempat wisata, sehingga dapat mengurangi polusi dan memperbaiki fungsi tanah, meningkatkan fungsi air, dan melakukan berbagai perawatan di atas air.

“Ini yang terus kita lakukan, dan ini insya Allah akan menjadi salah satu penilaian,” ujarnya.

Namun, Wali Kota Erie menegaskan penghargaan bukanlah tujuan utama. Namun yang paling diinginkan adalah semua yang dia lakukan berdampak pada kesehatan dan manfaat bagi penduduk kota Surabaya.

“Sekali lagi, tujuan utamanya bukan penghargaan, tetapi kami selalu ingin melakukan yang terbaik untuk kebaikan masyarakat Surabaya, baik air, darat, udara, dan ini terus kami kembangkan,” ujarnya.

Artikel sebelumyaTKDN Perangkat 4G dan 5G Naik 35%, Menkominfo: Tumbuhkan Industri Dalam Negeri
Artikel berikutnyaAlec Baldwin menembakkan pistol di lokasi syuting, membunuh satu tim