Beranda Trending Solekh Solihun imbau masyarakat jangan pilih-pilih vaksin COVID-19

Solekh Solihun imbau masyarakat jangan pilih-pilih vaksin COVID-19

Ini bukan beli baju yang bisa pilih-pilih…

Jakarta (ANTARA) – Komik Soleh Solihun mengajak masyarakat untuk segera divaksinasi COVID-19 ketika ada kesempatan, tanpa pilih-pilih jenis vaksin tertentu.

Saat ini, banyak orang yang berburu jenis vaksin tertentu karena dianggap lebih baik daripada jenis vaksin lain di Indonesia.

“Tidak usah ditanya vaksinnya apa, kalau ada pilihan vaksinnya, ambil saja. Apa isinya, pakai saja,” kata Sole Solihun kepada ANTARA, Selasa di Jakarta.

Semua jenis vaksin di Indonesia, antara lain Sinovac, Pfizer, Astrazeneca, Sinopharm, dan Moderna, dapat melindungi seseorang dari bahaya COVID-19, kata Soleh Solihun.

“Keduanya memberikan perlindungan. Jadi sejauh mungkin. Kami tidak mau beli baju yang pilih-pilih,” ujarnya.

Solekh Solihun sendiri menerima vaksin Sinovac dosis penuh. Dia menerima dosis pertamanya pada 17 April 2021, diikuti dengan dosis kedua pada 17 Mei 2021.

Setelah menerima vaksin dosis pertama atau kedua, Solekh Solihun mengaku tidak memiliki keluhan serius yang dapat mengganggu aktivitasnya.

“Mengantuk, lapar dan sedikit lemah. Itu saja. Satu atau dua dosis, saya merasakan efek yang sama, ”katanya.

Menurut Gugus Tugas COVID-19, Indonesia saat ini memiliki lebih dari 217,9 juta dosis vaksin, baik vaksin curah maupun vaksin siap suntik.

Pada 29 Agustus 2021, 61.654.676 orang menerima dosis pertama vaksin dan 34.858.000 orang menerima dosis kedua. Sedangkan target vaksinasi nasional adalah 208.262.720 orang.

Oleh karena itu, pemerintah terus membantu percepatan vaksinasi terhadap COVID-19. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pemulihan kesehatan dan ekonomi, khususnya di sektor manufaktur.

Lima jenis vaksin yang saat ini tersedia di Indonesia, yaitu Sinovac, Pfizer, Astrazeneca, Sinopharm, telah mendapat persetujuan penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan demikian, kelimanya aman dan efektif, serta memberikan manfaat yang sama dalam meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus COVID-19.

Artikel sebelumyaBagaimana Diane Sastro Mengajar Anak-anaknya Tentang Bahaya COVID-19
Artikel berikutnyaBanjir membanjiri satu kilometer jalan Transkalimantan