Beranda Hukum Seri! Kapolri Tarik Komien Firli Bauri dari PKT

Seri! Kapolri Tarik Komien Firli Bauri dari PKT

Jakarta (ANTARA/JACX) – Kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigjen Nofrianshah Yoshua Khutabarat alias Brigjen J, menyita perhatian publik Polri.

Selain Ferdy Sambo yang ditetapkan sebagai tersangka, sejumlah pihak kini juga memusatkan perhatiannya pada polisi yang bertugas di lembaga lain seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tangkapan layar yang diunggah ke Twitter menunjukkan konten yang mengingatkan pada berita keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigita Prabowo terhadap Ketua PKC Firli Bahuri dari Polri.

Tangkapan layar berisi keterangan “Akhirnya Kapolri Sigit memanggil Komyen Firli Bauri dari PKTdan menghasilkan uang di salah satu media online di Indonesia.

Padahal di keterangan lain di screenshot ada kalimat ” Harapannya, pimpinan baru PKC segera memulai penyelidikan menyeluruh terhadap semua kelebihan pembayaran di DKI Jakarta.

Selain saran di tangkapan layar, akun unggah konten juga menambahkan narasi berikut:
“Pada akhirnya, semuanya akan terungkap. Selidiki sepenuhnya semua skenario permainan.”

Total 191 komentar, lebih dari 600 suka dan 19 reupload melawan unduh 27 Agustus 2022

Namun, benarkah Kapolri mengeluarkan Komyen Firli Bahuri dari PKT?

Postingan palsu Kapolri mengeluarkan Komjen Firli Bahuri dari PKT. (Twitter)

Penjelasan:

Menurut penelusuran ANTARA, laporan bahwa Komyen Firli Bauri ditarik dari PKC oleh Kapolri adalah pernyataan palsu atau hoax.

Sebelumnya, Kapolri mengirimkan telegram pengumuman pengunduran diri Firli sebagai anggota Polri efektif 1 Desember 2021, menurut ANTARA.

Namun, jabatan Firli Bahuri sebagai ketua BPK akan tetap di tempatnya hingga tahun 2023 setelah terpilih oleh Komisi III DPR RI pada September 2019 dan menjabat pada Desember 2019.

Menurut ANTARA, Firli Bahuri selaku Ketua PKC saat ini masih mengikuti forum “Regional Anti-Corruption Conference for Law Enforcement Officials in Southeast Asia” yang akan digelar “hibrida” di Bangkok, Thailand, 29 Agustus- 31, 2022. .

Dengan demikian, unggahan yang menyebutkan Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan Komien Firli Bahuri dari PKT adalah hoax.

Tuntutan: Kapolri Tarik Komien Firli Bauri dari PKT
Peringkat: Seri

Pemeriksaan Fakta: Penipuan! Ferdy Sambo di sel yang sama dengan Napoleon Bonaparte

Baca juga: Firli Peringatkan Cara Korupsi Makin Canggih Seiring Majunya Teknologi

Baca juga: Firli Raih Program Prioritas dan Terbaik di Bidang Pendidikan

Artikel sebelumyaGubernur Jambi mendesak UMKM mendaftarkan merek ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
Artikel berikutnyaPKC Beri ASN Tiga Strategi Cegah Korupsi