Beranda Nusantara Sektor kehutanan dituntut untuk memberikan kontribusi terbesar dalam pengurangan emisi.

Sektor kehutanan dituntut untuk memberikan kontribusi terbesar dalam pengurangan emisi.

Jakarta (ANTARA) – Agung Sugardiman, Direktur Jenderal Perencanaan Hutan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rwanda, menjelaskan sektor kehutanan dan tata guna lahan lainnya (FoLU) merupakan sektor yang menjadi target penurunan emisi terbesar di Indonesia. …

Rwanda mengatakan, dari target penurunan emisi 29 persen dengan usaha sendiri, sektor kehutanan harus memangkas 17,2 persen. Sedangkan dari target pengurangan 41 persen dengan bantuan internasional, sektor FoLU seharusnya berkontribusi 24,1 persen.

“Sebagian besar target pengurangan emisi gas rumah kaca berasal dari sektor kehutanan,” kata Rwanda pada diskusi panel di paviliun Indonesia di sela-sela Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) COP26 di Glasgow. , Skotlandia dan pemantauan virtual dari Jakarta pada Rabu.

Terkait hal tersebut, ia kembali menegaskan bahwa, berdasarkan dokumen Nationally Determined Carbon Emission Targets (NDC) yang diperbarui, Indonesia telah mengekang ambisi Indonesia untuk mencapai net sink di sektor FoLU pada tahun 2030.

Beberapa langkah yang telah dilakukan Indonesia untuk mencapai hal tersebut antara lain pengurangan emisi dari deforestasi, restorasi gambut, peningkatan penyerapan karbon, restorasi dan rehabilitasi hutan, pengelolaan hutan lestari dan konservasi tutupan hutan.

“Dapat kita simpulkan ada tiga kegiatan yang ingin kita capai yaitu pengurangan emisi, peningkatan penyerapan karbon, dan pemeliharaan penyerapan,” jelas Rwanda.

Ia menjelaskan, Indonesia telah mengalami pergeseran paradigma dan isu perubahan iklim semakin mengemuka. Hal ini mempengaruhi berbagai langkah dan tujuan yang ingin dicapai di Indonesia.

“Lingkungan adalah tumpuan kehidupan sosial dan ekonomi,” katanya.

Artikel sebelumyaBanjir di Serdang Bedagai, Sumut, membanjiri empat wilayah
Artikel berikutnyaIndonesia-Malaysia Perkuat Kerja Sama Bidang Media, Menkominfo Dorong Peningkatan Adopsi Teknologi Digital