Beranda Hukum Rute Punchak-Chianzhur dimuat dengan lancar hingga malam hari.

Rute Punchak-Chianzhur dimuat dengan lancar hingga malam hari.

Chianjur (ANTARA) – Jalur Punchak-Chianjur, Jawa Barat, ramai hingga sore hari tanpa gangguan. Tidak ada antrian mobil yang panjang, meski pada sore hari dilakukan pengerjaan desain lalu lintas guna mengantisipasi terjadinya kemacetan total.

Pantauan ANTARA Minggu pagi hingga malam sebelum arus kendaraan yang melewati jalur Punchak-Chianjur difokuskan bahkan kendaraan dari Jabodetabek bercampur dengan kendaraan touring lokal dari Chandzhur. Meski sempat terjadi antrean di beberapa tempat yang sering terjadi kemacetan, mobil tetap melaju.

Penerapan jalur ganjil genap jalur Bogor-Chianjur diyakini dapat membatasi pergerakan kendaraan migran tujuan wisata ke berbagai destinasi wisata di Chianjur. Jadi, di pertigaan tempat wisata di kawasan Punchak-Chipanas, antrian mobil tidak memanjang seperti saat istirahat biasa.

Bahkan kepadatan tempat parkir untuk restoran dan hotel di sepanjang jalur wisata Punchak-Chianzhur tidak setinggi tahun sebelum pandemi, ketika tempat parkir dipenuhi mobil bernomor gratis dari Jabodetabek hingga luar pulau. Selama ini barometer kemacetan total disebabkan oleh tingginya jumlah kunjungan dan tingkat hunian hotel di Punchak Chipanas.

Casatlantas Polres Chianjur, AKP Mangku Anom, saat dihubungi, Minggu, mengatakan, tidak ada antrean panjang mobil di wilayah Cianjur selama akhir pekan hingga larut malam, namun ekor antrean tertahan di jalur Punchak-Bogor, mencapai Daerah Punchak Pass.

Maka, masuk pada sore harinya, pihaknya sepakat dengan Polres Bogor untuk menerapkan sistem satu arah sebagai upaya memutus antrean yang muncul di jalur Bogor menjelang siang hari. Namun, ke arah Qianzhur sebelum gelap tidak ada antrian yang terlihat atau kecepatan transportasi yang lambat.

“Baru pada sore hari antrian untuk Bogor dengan ekor antrian memasuki wilayah Chiandzhur. Oleh karena itu, untuk mencegah kemacetan lalu lintas umum pada rute tersebut, digunakan sistem satu arah. Kalau di jalur Punchak-Chiandzhur, lalu lintas lancar hingga malam hari,” ujarnya.

Artikel sebelumyaDayak Taman di Kapuas Hulu merevisi hukum adat
Artikel berikutnyaSebuah gudang semi permanen terbakar di Tarakana