Beranda News Rumah Sakit Lapangan untuk Pasien COVID-19 Diluncurkan di Palangka Raya

Rumah Sakit Lapangan untuk Pasien COVID-19 Diluncurkan di Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) – Tentara Nasional Indonesia (TNI-AD) meluncurkan rumah sakit lapangan yang merawat pasien COVID-19 dengan gejala ringan di Palangka Raya.

“RS Lapangan TNI-AD mampu menerima 65 pasien. Rumah sakit lapangan ini juga merupakan lokasi mandiri yang terpusat,” kata Brigjen Danrem 102 Panju Panjung Purvo Sudaryanto di Palangka Raya, Senin.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Danrem 102/Pjg pada peresmian RS lapangan yang terletak di wilayah RS TNI AD di “Kota Indah” Palangka Raya.

“Fasilitas yang tersedia di sini antara lain AC dan oksigen. Berkat adanya pusat isolasi mandiri ini, tenaga medis akan lebih mudah memantau perkembangan kondisi mental dan kesehatan pasien,” ujar Purvo.

Ia menambahkan, RS lapangan juga merupakan bagian dari keterlibatan TNI dalam penanganan pasien COVID-19 yang angka penularannya masih tinggi dan BOR di rumah sakit semakin dibatasi.

Sekretaris Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu yang hadir dalam peresmian RS lapangan TNI AD itu mengatakan, saat ini sangat perlu dibentuk pusat isolasi mandiri (isoman).

Ia menambahkan, keberadaan bangsal isolasi terpusat akan sangat membantu pemerintah kota dalam menangani pasien Covid-19. Apalagi banyak pasien isomania yang tidak terpantau secara optimal karena keterbatasan jumlah tenaga medis.

“Petugas PPKM mikro dan tenaga kesehatan juga dipisah konsentrasinya karena juga memberikan pelayanan di Pusquesmas dan juga melacak kontak dekat pasien COVID-19,” kata Gera.

Untuk itu, dengan adanya tempat isolasi terpusat ini, pasien COVID-19 dengan gejala ringan dan orang tanpa gejala akan tetap mendapatkan pelayanan dan pemantauan kesehatan dan mental secara rutin.

“Selain RS lapangan ini juga ada asrama haji dan sejumlah tempat lain yang menjadi pusat isolasi mandiri. Kedepannya, kami perwakilan Pemkot juga akan terus menambah tempat-tempat tersebut, terutama di daerah-daerah yang penyebaran COVID-19 tinggi,” ujar Gera.

Gera juga menghimbau kepada warga wilayah ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 guna meminimalisir potensi dan mencegah mata rantai penyebaran COVID-19 yang tidak berkesudahan.

Peresmian RS Angkatan Darat juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Anjar Hari Purnomo dan 1016 dandim asal Palangka Raya, Kolonel Rofik Yusuf serta Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya. . Amy Abriyani.

Artikel sebelumya293 Taruna Akmil Ikuti Dikkabpe di Kodiklat Pusdiklat TNI TNI AD
Artikel berikutnyaKemendagri: SDM Otsus Papua perlu ditingkatkan