Beranda Nusantara Ratusan rumah di Mukomuko terendam banjir

Ratusan rumah di Mukomuko terendam banjir

banjir mulai surut dan desa Rava Mula masih banjir

Mukomuko (ANTARA) – 108 rumah warga Rava Mula, Kecamatan XIV Koto, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu masih terendam banjir sejak Sabtu (18 September) hingga Minggu akibat luapan Sungai Pelokan di kawasan tersebut.

“Ada dua wilayah yang tergenang di kawasan itu, yakni Desa X, namun banjir di kawasan tersebut sudah mulai surut dan Desa Rava Mulya masih tergenang air,” kata Pj Bupati Mukomuko. Badan Penanggulangan Bencana Ramdani dalam sebuah pernyataan di Mukomuko, Minggu.

Menurut dia, dari 108 rumah yang terendam banjir di Desa Rava Mulya, 152 KK terdampak banjir di kawasan ini, total 428 jiwa.

Ramdani mengatakan, 428 warga yang terdampak banjir di Desa Rava Mulya mengungsi ke rumah lain yang tidak terendam banjir.

Dia mengatakan, pemerintah setempat bekerja sama dengan pemerintah desa untuk menyiapkan makanan bagi ratusan warga yang terkena banjir.

“Kami tidak membangun dapur umum, tetapi kami menggunakan rumah-rumah penduduk untuk menyiapkan makanan yang dibutuhkan warga yang terkena banjir, tetapi logistiknya ditangani oleh BPBD,” katanya.

Ia memperkirakan banjir yang telah membanjiri ratusan rumah warga di kawasan tersebut akan surut pada Senin (20/9) jika hari ini tidak hujan, namun banjir masih akan membanjiri warga jika hari ini hujan.

Dia mengatakan daerah itu tergenang air dari tempat yang lebih tinggi. Karena lokasinya yang berada di dataran rendah, banjir di kawasan ini sudah lama surut.

Selain itu, salah satu penyebab banjir yang menggenangi pemukiman penduduk di kawasan tersebut adalah saluran air yang tidak lancar mengalir ke sungai.

Selain itu, dia mengimbau warga, terutama yang tinggal di bantaran sungai di kawasan itu, untuk mewaspadai banjir di musim hujan saat ini.

Artikel sebelumyaBMKG Tingkatkan Sistem Peringatan Dini Tsunami
Artikel berikutnyaOTT PDA di Kalimantan Selatan