Beranda Hukum Ratusan narapidana di Sumatera Selatan segera menerima remisi

Ratusan narapidana di Sumatera Selatan segera menerima remisi

189 orang, yang hukuman pidananya telah berakhir, dapat dibebaskan untuk memperingati Hari Kemerdekaan pada tahun 2021.

Palembang (ANTARA) – Sebanyak 189 orang narapidana (napi) yang menjalani pembinaan di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara di wilayah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan (Sumsel) telah menerima pendidikan umum. pengampunan. dan segera dibebaskan.

Pembebasan narapidana dari penuntutan atau pengurangan masa penuntutan dilakukan secara simbolis usai upacara peringatan HUT RI ke-76 pada Selasa di Lapas Narkoba Kelas II B Kabupaten Banyuasin.

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya dan Kepala Kanwil Kemenkum HAM Sumsel Indro Purvoko, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyuasin, membenarkan pemberian remisi tersebut.

Indro Purvoko, Kepala Daerah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumsel, menjelaskan bahwa pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, pihaknya memberikan pembebasan umum kepada 8.629 narapidana di 26 Lapas dan Rutan di negara bagian itu. …

Ada 189 narapidana yang diyakini terlatih dengan baik setelah remisi satu hingga enam bulan, di antaranya masa pidana telah berakhir dan mereka dapat dibebaskan untuk memperingati Hari Kemerdekaan pada tahun 2021.

Pengecualian dari hukuman diberikan kepada narapidana yang dihukum karena kejahatan biasa dan kejahatan khusus yang telah memenuhi persyaratan dalam Undang-Undang Lembaga Pemasyarakatan No. 12 Tahun 1995 dan dianggap beritikad baik selama menjalani hukuman atau pelatihan.

Narapidana yang diberikan remisi tersebut sesuai dengan usulan kepala Lapas dan Rutan Praperadilan yang tersebar di 17 kabupaten dan kota di wilayah kerja Kanwil Kemenkum HAM Sumsel.

Secara total, jumlah narapidana yang menjalani pelatihan di Sumsel mencapai 12.159 orang.

Jumlah narapidana yang menerima remisi terbesar tahun ini pada peringatan HUT RI di Lapas Mata Merah Palembang mencapai 1.281.

Kemudian, di Lapas Banyuasin, lebih dari 700 orang mendapat remisi, di Lapas Serong – 618 orang, dan di Lapas Kayu Agung – 700 orang, katanya.

Artikel sebelumyaGP Ansor serukan solidaritas nasional yang meningkat
Artikel berikutnyaNarapidana pengguna narkoba mendominasi penerima remisi di Lapas Talu Pasaman Barat