Beranda News Puan: DPR RI Berkomitmen Kelola Krisis dan Pandemi di P20

Puan: DPR RI Berkomitmen Kelola Krisis dan Pandemi di P20

Jakarta (ANTARA) – Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan sebagai tuan rumah “Parliamentary Speakers Summit” (P20) 2022, DPR RI berkomitmen untuk menyukseskan kontribusi DPR dalam berbagai krisis global. serta upaya pemulihan dari pandemi COVID-19.19.

Hal itu disampaikan Puan dalam “Forum Parlemen Dalam Rangka KTT Pembicara Parlemen G20” (P20) di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

“DPR RI berkomitmen penuh terhadap keberhasilan kontribusi DPR dalam menyelesaikan berbagai krisis global, termasuk upaya pemulihan yang inklusif dan berkelanjutan dari pandemi COVID-19,” kata Puan dalam pidato penerimaannya.

Dengan semangat gotong royong, kata Puan, Indonesia siap, mau dan mampu bekerjasama dengan dunia global untuk bersama-sama membangun dunia yang lebih baik, lebih sejahtera, damai dan indah.

Puan menambahkan, berbagai langkah pemulihan sosial dan ekonomi saat ini sedang dilakukan di seluruh dunia pasca dampak pandemi COVID-19. Kondisi ini, kata dia, menempatkan situasi ekonomi domestik membutuhkan respons kebijakan fiskal dan moneter yang dapat diprediksi agar pemulihan sosial dan ekonomi dapat terus berlanjut.

“Termasuk, terjaganya kualitas kesejahteraan masyarakat tidak berkurang,” ujarnya.

Selain itu, menurut Puan, dunia masih memiliki sejumlah agenda global untuk menyelesaikan pembangunan berkelanjutan, antara lain terkait isu perubahan iklim, lingkungan, ekonomi hijau, ketahanan pangan, energi, kesetaraan gender, dan pemberdayaan perempuan.

Oleh karena itu, Puan mengatakan bahwa gejolak ekonomi global saat ini, disertai dengan ketidakpastian yang akan berlanjut hingga tahun depan, dan agenda pembangunan berkelanjutan memerlukan tanggapan dari negara-negara di seluruh dunia.

“Kehadiran kita di pertemuan P20 harus mampu melahirkan komitmen untuk bekerja sama dalam merespon guncangan dan tantangan global,” ujarnya.

Menurut Puan, kekuasaan parlemen untuk mewakili suara rakyat memberikan legitimasi terhadap upaya setiap pemerintah untuk memenuhi komitmen politik luar negerinya dan bekerja sama antar negara.

“Legitasi Parlemen adalah tentang menyelamatkan kehidupan masyarakat dunia menjadi lebih baik, dengan hidup dalam kemakmuran, perdamaian, dan tanah yang berkelanjutan,” katanya.

Isu global yang sangat kompleks ini, lanjut Puan, membutuhkan kerja sama semua pihak, baik pemerintah, parlemen, swasta, akademisi maupun masyarakat sipil.

“Ini merupakan kesempatan bagi DPR, sebagai suara rakyat, untuk mengambil peran, mulai di tingkat nasional, regional, dan global, melalui platform masing-masing, dan menjadi pemersatu dalam memperkuat komitmen global,” kata Puan.

Pertemuan P20 dihadiri oleh Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU) Duarte Pacheco dan para pemimpin parlemen G20, termasuk Sir Lindsay Harvey Hoyle, Ketua House of Commons Inggris.

Forum ini merupakan rangkaian acara dari 8th G20 Speakers’ Summit (P20) yang akan dibuka secara resmi pada Kamis (10.06) di gedung DPR RI. Forum Antar-Parlemen P20 membahas topik “Peran Parlemen dalam Penguatan Multilateralisme di Abad 21”.

P20 merupakan forum parlementer negara-negara G20 yang diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian KTT G20. DPR RI mengusung tema “Parlemen yang Kuat untuk Pemulihan yang Berkelanjutan” dalam P20, yang sejalan dengan tema Kepresidenan G20 yaitu “Recover Together, Recover Stronger”.

Artikel sebelumyaDanrem 102 Panju Panjung menerima gelar orang Dayak asli dalam rangka HUT TNI.
Artikel berikutnyaDandim 0313/Kampar minta prajurit jaga kepercayaan masyarakat