Beranda Nusantara Presiden telah menetapkan target untuk merehabilitasi 34 ribu hektar lahan mangrove

Presiden telah menetapkan target untuk merehabilitasi 34 ribu hektar lahan mangrove

Keberadaan tumbuhan mangrove diharapkan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi garis pantai dari abrasi, mencegah intrusi air, dan memperbaiki habitat pesisir dan lingkungan pesisir.

Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo (Jokovi) mencanangkan rencana restorasi mangrove di seluruh Indonesia pada 2021 mencapai 34.000 hektare (ha).

“Restorasi mangrove akan terus kita lakukan oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan target 2021 kita sekitar 34.000 hektare,” kata Presiden usai penanaman mangrove di Desa Tritich Lor. , Kecamatan Chilakap, Utara, Chilakap, Jawa Tengah, sebagaimana terlacak melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Kamis.

Restorasi mangrove menjadi semakin penting untuk melestarikan mangrove dalam menghadapi perubahan iklim yang terjadi saat ini, kata Presiden.

Keberadaan tumbuhan mangrove, menurut kepala negara, diharapkan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi garis pantai dari abrasi, mencegah resapan air, memperbaiki habitat pesisir dan memperbaiki lingkungan pesisir.

Ia juga berharap keberadaan hutan mangrove dapat meningkatkan produksi ikan dan sumber daya laut lainnya. Dengan demikian, nelayan dapat menangkap lebih banyak ikan dan memperoleh pendapatan yang lebih tinggi.

“Terutama kepiting. Dulu kita punya dua kepiting agar nanti bisa menambah pendapatan masyarakat,” kata presiden.

Usai penanaman mangrove, Presiden akan berkunjung ke SMA Negeri 2 Cilacap untuk mengecek vaksinasi siswa, serta menyapa peserta vaksinasi di sejumlah sekolah lain melalui videoconference. Pada saat yang sama, ia juga mempelajari vaksinasi komunitas di desa nelayan Centolo Kavat di wilayah Chilachap Selatan.

Sebelum kembali ke Jakarta, presiden terlebih dahulu akan melakukan perjalanan ke Pantai Kemiren di Chilakap Selatan untuk melepasliarkan anak ayam.

Presiden juga didampingi dalam penerbangan ke Kabupaten Chilacap oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden TNI Marsda M. Tonny Harjono, Panglima TNI Mayjen Tri Budi Utomo Paspampres, dan Wakil Menteri Pertahanan AS. . Sekretariat Protokol, Pers dan Media, Presiden Bey Machmudin.

Artikel sebelumyaIndonesia menargetkan emisi puncak pada 2030 menurut LTS-LCCR 2050.
Artikel berikutnyaPresiden menanam mangrove di sebuah perahu di Chilacapa.