Beranda News Presiden Jokowi Lantik Anggota DKPP 2022-2027 Unsur Tokoh Masyarakat

Presiden Jokowi Lantik Anggota DKPP 2022-2027 Unsur Tokoh Masyarakat

JAKARTA (ANTARA) — Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik lima anggota Dewan Kehormatan Panitia Penyelenggara Pemilu (DKPP) 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Lima anggota DKPP yang menjabat adalah I Deva Kade Wiars Raka Sandi, Ratna Devi Pettalolo, Muhammad Tio Alansyah, Heddy Lugito dan J. Cristiadi.

Lima nama dilantik melalui Keputusan Presiden Nomor 82/P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Badan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum Tokoh Masyarakat yang ditandatangani Presiden Jokowi pada 20 Juli 2022.

“Bahwa dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya akan bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil, dan sungguh-sungguh untuk menyukseskan pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden dan Dewan Perwakilan Daerah, menjunjung tinggi demokrasi dan keadilan serta mengutamakan kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia, bukan kepentingan pribadi atau golongan,” kata kelima anggota DKPP yang diambil sumpahnya di bawah kepemimpinan tersebut. dari Presiden Jokowi.

Saya Deva Kade Wiarsa Raka Sandi sebelumnya menjabat sebagai Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia 2020-2022.

Ratna Devi Pettalolo adalah mantan anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) 2017-2022.

Muhammad Tio Alansyah adalah anggota CPU Lampung dari 2014–2022.

Asal usul Heddy Lugito adalah mantan Komisaris Pelindo III dan mantan Komisaris PT Pertani pada tahun 2021, dan Sekretaris Jenderal Serikat Perusahaan Pers.

Sementara itu, J. Cristiadi adalah Senior Fellow di Center for Strategic and International Studies (CSIS).

Berdasarkan ayat (2) Pasal 155, DKPP dibentuk untuk memeriksa dan memutus pengaduan dan laporan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh anggota KPU, anggota KPU provinsi, anggota KPU kabupaten/kota. , Anggota Bawaslu, Anggota Bawaslu Provinsi dan Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota.

Termasuk kasus dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh anggota PPLN, anggota KPPSLN dan anggota Panwaslu LN, juga diselesaikan oleh DKPP.

Pelantikan anggota Tokoh Masyarakat DKPP 2022-2027 bertepatan dengan pelantikan Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pemberdayaan Negara dan Reformasi Birokrasi 2019-2024.

Acara peresmian tersebut juga dihadiri oleh Presiden Kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Hak Asasi Manusia Mahfud, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua DPR RI. Partai Komunis 2022-2027 Hasim Asyari dan Ketua Badan Pengawas Pemilu 2022-2027 Rahmat Bagja.

Artikel sebelumyaserial drama korea "Bersatu" segera hadir di Disney+ Hotstar
Artikel berikutnyaAgensi konfirmasi Sung Hoon untuk tampil dalam drama "Jantungku berdetak"