Beranda Hukum Polri gelar kompetisi seremonial Piala HAM Kapolri

Polri gelar kompetisi seremonial Piala HAM Kapolri

Polisi selalu menghormati dan menghormati hak asasi manusia dalam bentuk membela demokrasi.

Jakarta (ANTARA) – Mabes Polri memperingati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia dengan unjuk rasa di Piala Kapolri pada 10 Desember 2021.

Kabag Humas Polri Inspektur Jenderal Paul. Dedi Praseto menjelaskan tujuan dari kompetisi ini adalah untuk memberikan ruang dan wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan ekspresinya.

“Sekaligus mengedukasi masyarakat bagaimana menyampaikan aspirasinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Dedi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan bahwa kompetisi mengangkat topik Memperingati Hari Hak Asasi Manusia dengan subtopik gratis. Peserta dapat memberikan pidato berupa kritik atau saran yang membangun.

Mantan Kapolda Kalteng itu mengatakan pidato tersebut merupakan komitmen Polri yang sangat menghargai aspirasi masyarakat yang merupakan hak asasi manusia. Hal ini tertuang dalam Pasal 28 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Keterbukaan Pendapat Umum.

“Polri selalu menghormati dan menghormati hak asasi manusia dalam bentuk membela demokrasi dengan melindungi warga negara yang mengeluarkan pendapatnya di depan umum,” katanya.

Serupa dengan Festival Mural Piala Kapolri yang digelar pada 30 Oktober tahun lalu, kompetisi performance ini juga digelar di 34 Polda se-Indonesia.

Lomba pidato teknis ini nantinya akan diseleksi di tingkat Polda, yang selanjutnya akan disaring untuk masuk ke tingkat Ditjen Polri.

Dalam kompetisi ini, pembicara diundang untuk berpartisipasi dari semua lapisan masyarakat, mulai dari pelajar, pekerja, petani hingga elemen lainnya. Kompetisi ini terdiri dari satu tim, yang dapat memiliki 5-15 orang.

Diumumkan juga bahwa pendaftaran untuk kompetisi akan berlangsung dari 25 hingga 30 November 2021. Setelah lolos pemeriksaan di tingkat Polda, pada 10 Desember nanti, peserta yang menjadi juara pertama di tingkat daerah akan tampil di tingkat pusat atau di tingkat Mabes Polri.

Dalam kompetisi ini, Polri menyiapkan hadiah Rp50 juta untuk juara pertama; Rp 30 juta untuk pemenang kedua; dan Rp 20 juta untuk runner-up.

Artikel sebelumyaPKC Panggil 12 Saksi Kasus Bupati Hulu Sungai Utara
Artikel berikutnyaHayao Miyazaki akan menyutradarai film lain untuk Studio Ghibli