Beranda Warganet Polisi mengiringi pemakaman jenazah COVID-19

Polisi mengiringi pemakaman jenazah COVID-19

Baturaja (ANTARA) – Aparat kepolisian asal Ogan Comering Ulu, Sumatera Selatan, mengawal jenazah terduga warga berinisial AA (83) Covid-19 ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) untuk menunggu penolakan di sekitar makam.

“Alhamdulillah tidak ada kendala selama prosesi pemakaman yang berlangsung di TPU Husnul Hatima Kecamatan Baturaja Timur pada Sabtu (24/7),” kata Kapolres Ogan Komering Ulu (CMO), AKBP Arif Hidayat Ritonga di kepala publik. Hubungan AKP Mardi Nursal di Baturaja, Minggu.

Jenazah warga Perumahan Baturaja Permai, Kecamatan Baturaja Timur, yang meninggal di rumah duka pada Jumat (23/7), dimakamkan oleh tim gugus tugas COVID-19 dengan pakaian APD lengkap sesuai standar protokol kesehatan.

Saat pemakaman, polisi mengawal rumah duka hingga almarhum dibawa dengan ambulans ke TPU untuk dimakamkan dengan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona.

Ia menjelaskan, pengawalan jenazah COVID-19 merupakan rutinitas yang dilakukan seluruh jajaran kepolisian OKU jika ada warga yang meninggal dunia akibat terpapar virus corona.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penolakan masyarakat terhadap pemakaman jenazah korban Covid-19.

Pengawalan juga bertujuan untuk mencegah kerumunan di pemakaman umum, karena dikhawatirkan dapat memicu penyebaran virus corona.

Jumlah pelayat yang membawa almarhum ke tempat peristirahatan terakhir terbatas dan harus mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak minimal satu meter.

“Kami juga mengumpulkan data keluarga yang kontak dekat dengan almarhum sebelum kematiannya, sehingga mereka mengolesi dan isolasi mandiri selama 14 hari.

Artikel sebelumyaLukhut Ungkap Penyebab Banyaknya Kematian Akibat COVID-19
Artikel berikutnyaMusim terakhir "Simpsons" gaya musik, menggambar Kristen Bell