Beranda News Polda Kalsel Cegah Pemahaman Radikal di Lingkungan Kampus

Polda Kalsel Cegah Pemahaman Radikal di Lingkungan Kampus

Mencegah tentu lebih baik

Banjarmasin (ANTARA) – Direktorat Intelijen dan Keamanan (Kalsel) Polda Kalsel terus berupaya mencegah penyebaran radikalisme di kampus dengan membekali mahasiswa agar bisa memperkuat benteng pertahanan diri.

“Upaya pencegahan radikalisme sangat penting bagi mahasiswa karena rentan terpapar,” kata Kompol Paryoto, Kasubdit Keamanan Negara Direktorat Intelijen dan Keamanan Polda Kalsel di Banjarmasin, Sabtu.

Diakuinya sebagai mahasiswa yang sedang mencari jati diri, dia menjadi salah satu sasaran yang bisa dimanfaatkan pihak-pihak tertentu untuk menyebarkan ide-ide radikal.

Untuk itu, pihak kampus diharapkan aktif memantau semua aktivitas mahasiswa jika diduga mengarah pada doktrin radikalisme.

“Mahasiswa yang peduli untuk mencegah hal ini dapat berpartisipasi dengan memberikan informasi ke mesin terdekat jika mereka mendengar sesuatu yang mencurigakan,” kata Parioto.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Lambung Manggurat Muhammad Fawzi mengatakan tidak ada tanda-tanda ideologi di kampusnya yang mengarah pada terorisme.

“Pencegahan tentu lebih baik. Setiap tahun kami juga selalu memberikan materi tentang pemahaman nasional dan ancaman ide radikal, memperkenalkan mahasiswa baru ke lingkungan kampus, ”katanya.

Salah satu mahasiswa kedokteran, Arini Karima (20), mengaku bahwa keimanan dan ketakwaannya yang kuat, ditambah kemampuannya untuk berpikir kritis, menjadi pertahanannya terhadap penyebaran virus radikal.

Artikel sebelumyaKasus Antigen Swab Perwakilan Polda Sumut
Artikel berikutnyaMegawati dan Prabovo mengatakan Djokovi berada di jalur yang benar