Beranda Hukum Pesawat Casa TNI AU menyemprotkan garam 3 ton untuk mencegah hujan di...

Pesawat Casa TNI AU menyemprotkan garam 3 ton untuk mencegah hujan di tol Mandalika

Lombok Tengah (ANTARA). Pesawat jet Casa N212 TNI AU menyemprotkan tiga ton garam atau natrium klorida (NaCl) ke awan di sekitar Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat untuk mencegah hujan di kawasan Jalur Mandalika.

“Jadi, sebelum awan pindah ke kawasan jalur Mandalika, sudah turun hujan saat bertemu dengan garam yang diunggulkan oleh tim perubahan cuaca TNI AU, ini namanya rekayasa hujan,” kata Komandan Resor Militer (Danrem) 162 itu. / Wira Bhakti , Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, di sini, Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Sabtu.

Menurutnya, garam yang ditaburkan di awan itu kasar. Pasokan garam diperoleh dari produk lokal.

“Dari diri kita sendiri kita tahu bahwa garam itu banyak, apalagi di Bima, ini banyak,” katanya.

Karena,. Ia mengatakan, tiga ton garam telah ditaburkan sejak balapan internasional pada Jumat (19/11). Hal itu berimbas pada kompetisi World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika yang akan berlangsung dalam cuaca panas tanpa hujan.

“Saya berharap cuaca ini akan terus berlanjut. Nyaman, sedikit dingin, tapi tetap bisa balapan di trek Mandalika,” ujarnya.

Danrem 162/WB hadir di Kabupaten Mandalika bersama Kapolda NTB, Irjen Poli Mohammad Iqbal untuk memantau situasi keamanan serta kesiapan personel di posko.

Berdasarkan hasil pantauan, Rizal memastikan pada hari kedua balapan di lintasan Mandalika, situasi berkembang aman dan tidak ada pelanggaran.

“Saya berharap situasi ini aman, nyaman dan bisa diselesaikan,” ujarnya.

Artikel sebelumyaKapal nelayan terbakar di perairan Belitung, dua luka-luka
Artikel berikutnyaTunggakan pajak, delapan hotel di Sorong kena stiker