Beranda Nusantara Pertamina Jambi bersihkan halaman rumah warga yang tergenang minyak mentah

Pertamina Jambi bersihkan halaman rumah warga yang tergenang minyak mentah

Petugas turun ke lapangan untuk membersihkan minyak dan air untuk injeksi yang keluar dari pipa.

Jambi (ANTARA) – Pertamina memurnikan minyak mentah yang membanjiri pekarangan warga setelah terjadi kebocoran pada salah satu pipa milik PT Pertamina EP 1 Jambi, Jalan Premix, RT 01, Desa Kenali Asam Bava, Kecamatan Kota Bharu, Jambi.

Humas Pertamina EP 1 Jambi, Afrianto BS di Jambi, Senin mengatakan pipa yang bocor itu merupakan saluran pembuangan KAS 021 yang mengalami korosi dari pipa lama.

Saat ini petugas Pertamina EP 1 Jambi masih melakukan perbaikan dan menurunkan beberapa tangki dan alat berat ke lokasi.

“Petugas turun ke lapangan untuk membersihkan minyak injeksi dan air yang keluar dari pipa,” kata Afrianto.

Sementara itu, tim terutama berfokus pada pembersihan tempat kejadian, dan kami akan berusaha untuk menyelesaikannya sesegera mungkin, hingga selesai hari ini.

Setelah dibersihkan, Pertamina akan menginventarisasi warga jika ada yang terluka.

“Jika ada warga yang terkena dampak, kami akan memberikan santunan sesuai aturan yang berlaku,” kata Afrianto B.S.

Sebelumnya, sekira pukul 07:30 WIB, warga Jalan Premix RT 01 Desa Kenali Asam Bawah Kecamatan Kota Baru Kota Jambi mengalami kebocoran yang mengakibatkan oli bercampur air masuk ke rumah warga sekitar.

Warga khawatir dengan apa yang terjadi, pipa bocor tersebut mencemari lingkungan dan pemukiman warga Kenali.

Wahid Nurakhman (69) adalah warga pertama yang mengetahui kejadian tersebut
mengatakan, saat pertama kali mendengar suara ledakan keras dari pipa minyak yang bocor, ia langsung membanjiri pekarangan warga setempat sehingga warga tak bisa keluar rumah.

“Saya kaget tadi pagi pas di rumah, ada suara dentuman keras, saya kira ada kecelakaan mobil, pas saya cek ternyata saluran oli di depan rumah saya bocor. Air menyembur ke halaman,” kata Wahid.

Pantauan di lapangan, personel Pertamina EP 1 Jambi memperbaiki dan mengerahkan beberapa tangki dan alat berat untuk memperbaiki pipa yang bocor.

Saat ini tim sedang melakukan perbaikan di lokasi agar minyak yang bercampur air lebih cepat diproses dan tidak mencemari lingkungan warga.

Artikel sebelumyaBRIN menciptakan plastik berkelanjutan menggunakan teknologi nuklir
Artikel berikutnyaLedakan Pertumbuhan Alga Terjadi Lagi di Teluk Ambon