Beranda Trending Perjalanan Spiritual Miss International Kevin Liliana Selama Pandemi

Perjalanan Spiritual Miss International Kevin Liliana Selama Pandemi

Jakarta (ANTARA). Seperti banyak orang yang dikurung di rumah pada awal pandemi COVID-19, Kevin Lilliana, pemenang Miss Indonesia Environment 2017, memenangkan kontes kecantikan Miss International pada tahun yang sama.

Proses penyesuaian yang ia lalui di masa pandemi tidak hanya tinggal di ruang terbatas di tengah keresahan akibat virus corona yang tak kasat mata, tetapi juga belajar bagaimana menjadi seorang istri dan calon ibu. Momen pandemi membuatnya menempuh jalan spiritual, mendekatkan diri kepada Tuhan dan membuat Kevin memutuskan untuk menutup auratnya.

“Setelah pernikahan pada Februari 2020, ada pandemi, lalu saya hamil. Perubahan yang saya rasakan adalah pandemi menjadi seorang istri dan ibu,” kata Kevin, Jumat di Jakarta.

Gaya hidupnya telah berubah total. Sebelum menikah, wanita kelahiran 5 Januari 1996 ini mengikuti kontes kecantikan dan bekerja sebagai pembawa berita di sebuah saluran TV swasta. Setelah menikah dan memutuskan untuk fokus pada keluarganya, pandemi membuatnya tidak mungkin untuk bepergian ke mana pun. Pada saat yang sama dia menjalani proses kehamilan, pengalaman baru.

Kevin mengaku depresi dan memutuskan kembali ke rumah orang tuanya agar di awal pandemi bisa berkomunikasi dengan lebih banyak orang. Namun, pembatasan regional yang ketat pada saat itu membuat orang tidak mungkin melakukan perjalanan jauh dan luas.

“Tapi saya sadar kodrat saya sudah jelas, untuk menjadi seorang istri dan ibu, saya harus bertanggung jawab setelah menikah, saya harus menerima konsekuensi ini,” kata Kevin.

Setelah tiga bulan, ia mulai menyesuaikan diri dan membebaskan dirinya dari hari-hari penuh air mata karena merindukan orang tuanya yang tinggal di Bandung. Kegelisahannya mereda ketika dia mencurahkan waktunya untuk berdiam diri di rumah beribadah kepada Tuhan.

“Saya jadi bingung bagaimana (hidup dengan pandemi), saya setiap kali berdoa Alquran, membaca tafsir, lalu saya lebih tenang dan tidak bisa menangis,” katanya.

Ibadah menjadi kegiatan yang menenangkan hati dan kemudian mendorongnya untuk berpikir melampaui hal-hal duniawi. Setelah bertahun-tahun berkecimpung di dunia kontes kecantikan, akhirnya ia memutuskan untuk memulai hidup baru dan “menyelamatkan” untuk kehidupan di akhirat.

“Saat itulah pertama kali saya tahu saya ingin menutupi alat kelamin saya,” kata Kevin yang pernah menjadi gadis sampul Friendship saat remaja.

Prosesnya bertahap, Kevin ingin mulai memakai jilbab setelah melahirkan. Pelan tapi pasti, ia mulai tak henti-hentinya menutupi auratnya di berbagai kesempatan. Ketika dia pertama kali memulai, dia hanya mengambil sendiri untuk menutupi auratnya ketika dia pergi ke luar rumah.

“Kalau bikin Instagram Stories di rumah, tetap keren (tanpa jilbab),” canda istri produser Oscar Mahendra itu.

Tiga bulan berlalu, dan dia akhirnya memutuskan untuk menutupi seluruh bagian pribadinya.

Sedangkan untuk gaya busana setelah menutup aurat, busana yang nyaman seperti celana longgar, atasan dan syal segi empat masih menjadi andalan, dan warna solid menjadi favorit mereka.

Artikel sebelumyaViu sedang bersiap untuk merilis tema sekolah asli "Bad Boys vs. Crazy Girls"
Artikel berikutnyaSukarelawan: "Festival Gus Muhaimin" konsolidasi untuk pemilihan presiden 2024