Beranda News Pengamat: Promosi Prabowo jadi Capres Ganjar Anis, Ratakan Ganjar

Pengamat: Promosi Prabowo jadi Capres Ganjar Anis, Ratakan Ganjar

Diangkatnya Prabowo sebagai capres secara tidak langsung sangat menguntungkan Ganjar.

Jakarta (ANTARA) – Pangi Siarvi Chaniago, Direktur Eksekutif Voxpol Research and Consulting Center, mengatakan pencalonan Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 bisa menghalangi Anis Baswedan menang dan memuluskan kemenangan Ganjar Pranovo jika mencalonkan calon presiden. . .

“Pencalonan Prabowo sebagai capres secara tidak langsung menguntungkan Ganjar Panowo, sekaligus menunjukkan Anis Baswedan bisa jadi sulit sebagai capres dan cawapres,” kata Pangi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dia menilai, kemajuan Prabowo bisa menghambat pergerakan Anis Baswedan.

Menurutnya, meski Anis memiliki selektivitas yang tinggi, hal tersebut tidak serta merta membuatnya menjadi calon presiden yang mulus, karena memveto pemain dalam politik partai Indonesia.

“Misalnya Anis selalu masuk tiga besar, klaster elektabilitas “terbaik”, belum tentu berjalan mulus sebagai capres, parpol masih punya dia.memveto pemain“Siapa capres dan cawapres yang akan mereka ajukan nanti,” ujarnya.

Dia kemudian menimpali: “Prabowo mencalonkan diri sebagai calon presiden, yang berarti peluang DNA Anis Baswedan untuk menang hancur.”

Hal itu, menurut Panga, karena Anies dan Prabowo memiliki ceruk elektoral yang sama.

Sementara itu, ulangnya, basis pemilih ceruk Ganjar tetap tidak terbagi (pemungutan suara tiket langsung), bahkan lebih keras dan lebih bulat.

“Sementara basis suara Anis dan Prabowo dipisahkan.pemungutan suara tiket terpisah), ulangnya.

Kemudian mengutip data tab silang (Tabulasi silang) kolom Riset dan Konsultasi Voxpol Center pada Maret 2022 yang menunjukkan pemilih partai Gerindra memilih Prabowo sebesar 55,9 persen, sedangkan pemilih partai Gerindra yang memilih Anis Baswedan sebesar 44,7 persen.

“Data ini menunjukkan bahwa pemilih partai Gerindra pemungutan suara tiket terpisah gap yang signifikan antara Anis dan Prabowo,” kata Pangi.

Pencalonan Prabowo, kata Pangi lagi, juga semakin membatasi peluang Anies untuk dicalonkan oleh parpol sebagai capres karena kuota 20 persen untuk parpol koalisi merupakan syarat ambang batas pencalonan presiden.ambang batas presiden).

“Tentunya sulit dari segi matematika politik, tidak mudah bagi Anis yang bukan anggota parpol dan tidak berpartai.boarding pass“Dari partai politik,” katanya lagi.

Oleh karena itu, dia menilai mencalonkan Prabowo sebagai capres 2024 sama saja dengan memberi jalan atau karpet merah kepada Ganjar agar bisa memenangkan Pilpres 2024 tanpa hambatan.

“Bagaimana cara menghalangi Anies menang dan bagaimana membuka jalan bagi Ganjar untuk menjadi presiden, ‘causation’ menjadi faktor kunci dalam menentukan apakah Prabowo menjadi calon presiden,” katanya.

Artikel sebelumyaKetum Korpri Dapat Kejutan dari Gubernur Sumbar Saat Launching MTQ VI Korpri Nasional
Artikel berikutnyaKemarin, Mahfoud MD memenuhi panggilan MKD kepada cucu kelima Presiden