Beranda Nusantara Pendekatan digital dan ekonomi berkontribusi pada pelestarian lingkungan

Pendekatan digital dan ekonomi berkontribusi pada pelestarian lingkungan

Pendekatan teknologi seperti blockchain, kecerdasan buatan dan utilitas kripto dapat digunakan untuk menghitung reboisasi dan penyerapan karbon, akuntansi dan perdagangan di Indonesia.

Jakarta (ANTARA) – CEO Melchor Group Peter Gonta mengatakan ekonomi digital dan pendekatan teknologi “rantai blok ” dapat digunakan untuk upaya perlindungan lingkungan sebagai bagian dari upaya mengatasi perubahan iklim, dan sektor swasta dapat mendukung pemerintah dalam hal ini.

“Kita nantikan regulasinya (perdagangan karbon) nanti, harapannya bisa bermitra dengan pemerintah,” ujarnya memperkenalkan ROXI Crypto Utility untuk mendukung perdagangan karbon pada media meeting di Jakarta, Jumat malam.

Dia menjelaskan bahwa pendekatan teknologi seperti blockchain, kecerdasan buatan dan utilitas kripto dapat digunakan untuk menghitung reboisasi dan penyerapan karbon, akuntansi dan perdagangan di Indonesia. Semua ini dapat dilakukan sesuai dengan interoperabilitas nasional dan standar yang ditetapkan oleh pemerintah.

Dia mengatakan mempromosikan perdagangan karbon dalam ekonomi hijau di Indonesia dapat membantu mencapai tujuan meningkatkan kesejahteraan, terutama mengingat Indonesia memiliki potensi cadangan karbon besar yang tersimpan di hutan tropis, bakau, dan lahan gambut yang tersebar di seluruh nusantara.

“Semua ini kekayaan Indonesia yang belum ditaksir secara eksponensial. Inilah kekuatan utama di balik ekonomi hijau Indonesia,” ujarnya.

Ia mengharapkan dukungan dari pemerintah khususnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang selama ini mampu menarik perhatian dunia atas keberhasilannya dalam memperbaiki lingkungan di kehutanan Indonesia.

Pemerintah saat ini sedang menyelesaikan keputusan presiden (Perpres) tentang penerapan nilai ekonomi karbon, dan juga sedang berdiskusi dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tentang konsep pajak karbon.

Artikel sebelumya2 kubah lava gunung merapi tumbuh dalam seminggu.
Artikel berikutnyaVideo Putri Duyung Terjebak di Pangkalpinang, BKSDA Cari Keberadaannya