Beranda Nusantara Pemprov Sulsel petakan 19 mangrove

Pemprov Sulsel petakan 19 mangrove

Aksi penanaman mangrove menjaga dan memperkuat ekosistem ikan.

Makassar (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah memetakan 19 kawasan yang termasuk dalam wilayah pengelolaan ekosistem mangrove secara berkelanjutan untuk penghidupan pesisir dan upaya pencegahan bencana di kawasan tersebut.

Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Sulawesi Selatan di Makassar, Rabu mengatakan, telah tersebar 19 kawasan mangrove dari pesisir pantai Kabupaten Luvu Timur, Palopo, Luvu, Kabupaten Luvu Utara, Kabupaten Barru.

Selain itu di wilayah pesisir Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Kepulauan Selayar, Kabupaten Maros, Kabupaten Kepulauan Pankagene, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Takalar, Kabupaten Geneponto, Kabupaten Vajo, Kabupaten Bone, termasuk Kota Makassar.

“Penanaman mangrove sudah dimulai di 19 lokasi. Jadi itu bukan area kecil, itu hektar,” katanya.

Ia menjelaskan, melihat luasnya kawasan yang menjadi pusat ekosistem mangrove, pihaknya secara rutin mengajak masyarakat, relawan lingkungan, dan perusahaan swasta untuk turut serta dalam upaya menjaga lingkungan pesisir.

“Oleh karena itu, kami terus mengajak dan mendorong masyarakat untuk terlibat dalam menjaga lingkungan. Bibit juga sudah kami siapkan jika ada yang ingin mulai menanam mangrove,” ujarnya.

Sementara itu, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel juga telah menyiapkan program yang melibatkan pelajar dan warga untuk menanam 250.000 bibit mangrove atau bakau dalam rangka memperingati HUT ke-353 Sulsel.

Kepala Balai Diklat Sulsel Setiawan Aswad mengatakan, kampanye penanaman mangrove bersama yang melibatkan warga dan sekitar 18.000 pelajar SMA dan SMK itu akan digelar serentak pada 15 Oktober 2022 di sembilan wilayah/kota pesisir di Sulsel. .

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Sulawesi Selatan mengajak mahasiswa dan warga sekitar melakukan penanaman 250.000 bibit mangrove atau bakau dalam rangka memperingati HUT ke-353 Sulawesi Selatan.

Kepala Balai Diklat Sulsel, Setiawan Aswad di Makassar, Rabu mengatakan, kampanye penanaman mangrove bersama yang melibatkan warga dan sekitar 18.000 siswa SMA dan SMK akan digelar serentak pada 15 Oktober 2022 di sembilan kabupaten pesisir/ kota. di Sulawesi Selatan.

Diantaranya Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Barru, Kabupaten Luvu Utara, Kota Palopo, Kabupaten Bone, Kabupaten Geneponto, dan Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Selain memperingati HUT Sulsel, kampanye penanaman mangrove juga bertujuan untuk melestarikan dan memperkuat stok ikan dan ekosistem laut khususnya di Sulsel,” jelasnya.

Artikel sebelumyaWaspadalah terhadap hujan di pegunungan, yang dapat menyebabkan banjir
Artikel berikutnyaTim BPBD Karawang atasi longsor di kawasan Tegalwaru