Beranda Nusantara Pemprov NTB – Komunitas Tedukh Bumi "oksigen amal" di Tambor

Pemprov NTB – Komunitas Tedukh Bumi "oksigen amal" di Tambor

Mataram (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat bersama masyarakat Tedukh Bumi akan menggelar acara bertajuk “Suplai Oksigen” di Desa Pankasila, Kabupaten Dompu, pada 30-31 Oktober 2021.

Wakil Gubernur Nusa Tenggar Barat (NTB) Hj Sitti Rohmi Jalila sangat mengapresiasi dan mendukung penuh acara ini.

“Pemprov NTB sangat mendukung kegiatan tersebut, yang tidak berbahaya bagi lingkungan, tetapi sebenarnya dapat memberikan banyak hasil baik bagi lingkungan maupun masyarakat. Ini yang kita dorong,” ujarnya, Jumat di Mataram. …

Acara yang juga dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ini rencananya akan menyumbangkan 900 pohon durian dan sekitar 1.000 pohon alpukat kepada masyarakat di Dusun Pankasila, ujarnya.

Ia berharap benih-benih tersebut akan ditanam dan menghijaukan desa dan berdampak ekonomi bagi masyarakat, menjadikannya desa wisata dan agrowisata.

Ummi Rohmi, sapaan akrab Wagub NTB, berharap kegiatan tersebut dapat dibarengi dengan APBDES daerah dan menjadi program yang berkelanjutan.

“Kami mengajak anak-anak muda Dompu mensukseskan acara Zakat Oksigen atau mencangkok di Desa Tambora sebagai upaya kita menjaga kelestarian lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu, Madani Mukar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Nusa Tenggara Barat, menjelaskan kegiatan yang disebut “Sedekah Oksigen”, yaitu gerakan menanam dan peduli pohon.

“Gerakan masyarakat Tedukh Bumi ini disebut suplai oksigen karena oksigen dihasilkan oleh pohon,” ujarnya.

Acara yang bertajuk “Sedekah Oksigen” yang dilanjutkan oleh Madani Mukarom ini digelar di Desa Panchasila, kawasan Gunung Tambora.

Artikel sebelumyaKilas Nusantara di antara malam
Artikel berikutnyaBKSDA Bali Pindahkan Owa ke Pusat Rehabilitasi di Sumatera Barat