Beranda Nusantara Pemkot Palembang normalisasi 21 anak sungai Musi

Pemkot Palembang normalisasi 21 anak sungai Musi

21 inflow tidak berfungsi dengan baik karena pendangkalan

Palembang (ANTARA) – Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, berupaya menormalkan atau mengembalikan fungsi 21 anak sungai Musi yang mengalami pendangkalan.

“Menurut data, 21 anak sungai tidak berfungsi dengan baik karena pendangkalan. Untuk mengembalikan mereka secara bertahap, akan segera dilakukan normalisasi,” kata Wali Kota Palembang Harnodoyo di Palembang, Kamis.

Banyak anak sungai di sekitar pemukiman tidak berfungsi dengan baik, kata dia, yang menjadi salah satu penyebab banjir setiap kali hujan deras dalam waktu lama.

Fungsi sungai dan kali sebagai media penyimpanan dan resapan harus dijaga dengan baik.

Selain itu, juga berfungsi sebagai sumber air bagi penduduk kota ini, sarana transportasi air, pusat ekonomi dan dapat disulap menjadi fasilitas berperahu utama di ibukota provinsi Sumatera Selatan.

Menurutnya, dengan normalisasi tersebut diharapkan Sungai Musi dan anak-anak sungainya dapat berfungsi secara normal dan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh warga kota ini.

Ia menjelaskan, untuk menormalkan 21 arus masuk yang telah didaftarkan, pihaknya berupaya melakukannya secara bertahap sesuai skala prioritas karena keterbatasan dana.

Penyelenggaraan satu sungai saja membutuhkan anggaran sekitar 400 miliar rupiah.

Anak sungai dengan pendangkalan terberat akan segera dinormalisasi, dan anak sungai dengan pendangkalan sedang akan dibersihkan dan pengerukan kecil akan dilakukan, kata Harnojoyo.

Artikel sebelumya171 Calon Anggota KI Pusat Periode 2021-2025 Lulus Seleksi Administrasi
Artikel berikutnyaPemerintah Kota Padang Rayakan Peringatan 12 Tahun Gempa Pada 30 September 2009