Beranda Nusantara Pemkot Batu Ajak Anak Tanam Pohon Jaga Lingkungan

Pemkot Batu Ajak Anak Tanam Pohon Jaga Lingkungan

Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) – Pemerintah Kota Batu mengajak anak-anak di kawasan Kota Batu, Jawa Timur, untuk turut serta menjaga lingkungan melalui gerakan Satu Nama Satu Pohon.

Wali Kota Batu Devanti Rumpoko di Kota Batu, Sabtu, mengatakan dalam satu nama, dalam satu gerakan penanaman pohon, anak-anak tinggal di Desa Krayan, Desa Ramah Anak, di Desa Punten, Kecamatan Bumiaggi.

“Gerakan penanaman pohon yang berjuluk Satu Nama Satu Pohon ini menjadi pendorong bagi pelestarian lingkungan di Kota Batu,” kata Devanti.

Dalam pelaksanaan program Satu Nama – Satu Pohon di Dusun Krajan, anak-anak berpartisipasi dalam penanaman pohon durian. Pohon durian yang ditanam masih berbentuk biji.

Penamaan pohon yang ditanam oleh anak bertujuan untuk menciptakan rasa memiliki dan kepedulian terhadap lingkungan, khususnya pohon yang ditanam oleh anak, ujarnya.

“Nama ini dimaksudkan untuk membangkitkan rasa memiliki dan kepedulian terhadap keberlanjutan pertumbuhan dan perkembangan pohon, serta lingkungan pada umumnya,” ujarnya.

Identitas anak yang menanam pohon akan tertera pada tanaman yang mereka tanam. Sesuai anjuran, bibit pohon yang ditanam oleh anak merupakan pohon yang akan berbuah di kemudian hari.

Devanti menambahkan, program One Name, One Tree ini merupakan bentuk kerjasama antara pemerintah Kota Batu dengan Tani Foundation (ATF). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan perlindungan lingkungan.

“Program ini atas nama anak-anak yang ada di Dusun Krayan. Nanti jadi cerita kalau sudah besar dan buahnya bisa dipanen,” ujarnya.

Program hasil kerjasama ini akan dilaksanakan di seluruh kecamatan di kota Batu dengan jenis pohon yang berbeda-beda. Pohon yang ditanam nantinya akan menghasilkan buah yang bisa dipanen oleh penanam.

Gerakan Satu Nama Satu Pohon merupakan upaya Pemerintah Kota Batu bersama Yayasan Among Tanya untuk mengembalikan keindahan salah satu kota wisata unggulan di kawasan Jawa Timur* ini.

Artikel sebelumyaBMKG: Waspadai Potensi Hujan lebat di sebagian wilayah Indonesia
Artikel berikutnyaBMKG peringatkan kemungkinan hujan disertai angin kencang di Kalteng