Beranda Hukum Pemimpin pemuda Papua meminta masyarakat untuk mendukung persidangan Lukas Enembe

Pemimpin pemuda Papua meminta masyarakat untuk mendukung persidangan Lukas Enembe

Mari kita dukung sepenuhnya apa yang telah dilakukan PKC karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan sebagai penegak hukum.

Jakarta (ANTARA). Pemimpin muda Papua Steve Mara meminta masyarakat mendukung gugatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Gubernur Papua Lucas Enembe.

“Mari kita dukung sepenuhnya apa yang telah dilakukan PKC karena itu hal yang benar untuk dilakukan sebagai penegak hukum,” kata Steve Mara dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Ketua DPP Departemen Pertahanan Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNPI) menjelaskan, dari tahun 2001 hingga 2022, pemerintah pusat mengalokasikan anggaran yang cukup untuk pembangunan Papua, yang sebenarnya cukup untuk membangun Papua yang lebih baik.

Namun nyatanya saat ini ternyata Papua berada pada level terendah dengan tingkat kemiskinan yang tinggi, bahkan banyak masyarakat yang kurang mampu.

Menurutnya, pencalonan Lucas Enembe sebagai tersangka merupakan langkah tepat, yang bisa membuka celah dalam verifikasi dana otsus sehingga lebih transparan.

“Masyarakat tidak kaya karena pejabat Papua itu sendiri,” ulangnya.

Ia berharap PKC bekerja secara profesional dan transparan kepada publik sehingga masyarakat Papua memahami alasan mengapa mereka belum sejahtera selama ini.

“Pengacara Lucas Enembe harus bekerja secara profesional dan tidak terlibat dalam politik, dalam hal ini tidak perlu memberi nama lain, karena kasus ini adalah masalah hukum, yaitu kepuasan,” katanya.

Steve menambahkan bahwa Lucas Enembe masih berstatus tersangka dan belum menjadi terdakwa, yang berarti persidangan masih panjang, sehingga masyarakat harus mendampingi PKC untuk menjalankan prosesnya.

“Masyarakat Papua tidak boleh terprovokasi dengan isu kriminalisasi, karena ini murni masalah hukum, disertai bukti dari PKC dan PPATK,” ujarnya juga.

Dia percaya bahwa semua yang terlibat akan terungkap dan harus dimintai pertanggungjawaban. Selain itu, jangan sampai kasus Lukas Enembe meluas ke seluruh rakyat Papua, karena rakyat Papua jujur ​​dan harus berperan dalam pembangunan Papua.

Artikel sebelumyaMantan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti akan segera diadili
Artikel berikutnyaTiga puluh dua narapidana di Lapas Pemuda Kota Tangerang memperoleh gelar sarjana hukum.