Beranda Nusantara Pemerintah sedang berupaya menyelesaikan pengembangan peraturan khusus untuk pengelolaan mangrove.

Pemerintah sedang berupaya menyelesaikan pengembangan peraturan khusus untuk pengelolaan mangrove.

Diharapkan regulasi ini segera difinalisasi sehingga ada aturan khusus.

Jakarta (ANTARA) – Pemerintah sedang mengupayakan penyelesaian Rencana Peraturan Pemerintah (RPP) terkait pengelolaan ekosistem mangrove untuk memastikan adanya regulasi khusus untuk perlindungan dan pengelolaannya.

Dalam diskusi virtual Climate Corner di Jakarta, Rabu, Sekretaris Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Ayu Devi Utari mengatakan pemerintah saat ini sedang menyiapkan instrumen regulasi berupa RPP untuk melindungi dan mengelola ekosistem mangrove. .

“Regulasi ini diharapkan bisa segera difinalisasi sehingga kita memiliki aturan khusus, khususnya mengenai pengelolaan mangrove di luar kawasan ini,” kata Ayu.

Peraturan tersebut mencakup aturan untuk perlindungan dan pengelolaan mangrove baik di dalam maupun di luar kawasan hutan. Selain itu, Perda tersebut akan mengatur pengelolaan mangrove antar kementerian/departemen.

Mengatur kepentingan pemerintah pusat dan daerah serta mengoptimalkan peran pemangku kepentingan lainnya seperti kelompok masyarakat dan sektor swasta.

Satyavan Pudyatmoko, Deputi Perencanaan dan Evaluasi BRGM Pudyatmoko, juga menekankan pentingnya keberadaan aturan ini mengingat status mangrove yang bervariasi dari hutan lindung hingga kawasan penggunaan lain (APL).

Baik rehabilitasi maupun penegakan yang terlibat dalam konversi mangrove alami menjadi APL sulit dilakukan karena pemilik lahan memiliki hak untuk menggunakan mangrove.

“Oleh karena itu, diperlukan peraturan pemerintah yang nantinya akan mengatur mangrove sebagai satu kesatuan bentang alam, yang sebagian akan memiliki fungsi lindung dan sebagian akan memiliki fungsi budidaya. Baik itu hutan produksi, hutan lindung atau APL,” ujarnya.

Artikel sebelumyaBRGM: Mencegah Transformasi Mangrove Mengurangi Emisi Sektor Lahan hingga 30 Persen
Artikel berikutnyaKandang Maggot Jogja adalah salah satu contoh pengelolaan sampah organik mandiri.