Beranda Nusantara Pemerintah mengatakan akan ada 3,364 juta hektar hutan bakau pada tahun 2021.

Pemerintah mengatakan akan ada 3,364 juta hektar hutan bakau pada tahun 2021.

Jakarta (ANTARA) – Pemerintah mengumumkan luasan mangrove di Indonesia saat ini seluas 3.364.080 hektare yang resmi ditetapkan setelah Peta Mangrove Nasional 2021 diresmikan di Jakarta, Rabu.

Angka itu sendiri menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tahun 2013-2019, ketika luasnya 3.311.207 hektar, atau peningkatan luas mangrove sebesar 52.873 hektar.

“Pemerintah mengambil upaya serius untuk memulihkan ekosistem mangrove kritis,” kata Menteri Koordinator Menko Marves Luhut B. Panjayitan pada presentasi yang diadakan di Taman Wisata Alam Mangrove Muara Angke di Jakarta. …

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut menegaskan, bukti nyata komitmen pemerintah terhadap restorasi mangrove dapat dilihat dengan dibentuknya Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) yang satu-satunya bertujuan untuk mempercepat pemulihan di sembilan provinsi dan wilayah seluas 600.000 hektar.

Pada kesempatan ini, Luhut juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang merupakan pemelihara peta data mangrove Indonesia, atas pembaruan data mangrove terbaru.

Keberadaan Peta Mangrove Nasional merupakan hasil kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan berbagai kementerian dan lembaga lainnya seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, BRGM dan Badan Informasi Geospasial.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kota Nurbaya dalam paparannya menyampaikan bahwa data mangrove Indonesia bersifat dinamis, dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan sangat beragam.

“Sesuai arahan Presiden, ini merupakan program nasional yang sangat penting. Termasuk pertemuan dengan G20,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota tersebut.

Tidak hanya itu, Pemkot juga menjelaskan pentingnya mangrove dalam berbagai isu global seperti perubahan iklim, dengan Indonesia sebagai salah satu pemilik kawasan mangrove terbesar di dunia dan berperan di dalamnya.

Artikel sebelumyaHujan ringan turun di sebagian besar kota besar di negara itu.
Artikel berikutnyaBNPB: Perubahan Iklim Menyebabkan Bencana Hidrometeorologi