Beranda Warganet Pemerintah mendorong siswa perempuan untuk belajar ilmu komputer

Pemerintah mendorong siswa perempuan untuk belajar ilmu komputer

Yogyakarta (ANTARA) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong mahasiswi untuk berkarya di bidang ilmu komputer.

“Kami ingin lebih banyak anak perempuan terlibat dan mencintai ilmu-ilmu keras seperti aritmatika, sehingga lebih banyak anak perempuan yang menyukai bidang ini,” kata Suharti, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Yogyakarta, Rabu.

Diakuinya, meski semua peserta Indonesia adalah Olimpiade Internasional di bidang Informatika (IOI) 2022 – Men, bidang ilmu komputer bukan hanya untuk Adam.

“Harus diulangi bahwa ilmu komputer adalah bidang yang ditujukan tidak hanya untuk pria, tetapi juga untuk wanita,” jelasnya.

Untuk pertama kalinya, Indonesia menjadi tuan rumah IOI yang digelar secara campuran, yakni online dan offline, pada 7-15 Agustus 2022. Kompetisi offline diadakan di Yogyakarta.

IOI adalah salah satu dari 14 Olimpiade Sains Internasional dan kompetisi tertua keempat di dunia. IOI 2022 diselenggarakan dengan motto “Asia Digital Energy”.

IOI 2022 diikuti oleh 536 peserta, yang merupakan jumlah tertinggi dalam sejarahnya. Secara total, 414 peserta dari 72 negara berkompetisi secara offline di Yogyakarta, dan 122 peserta dari 18 negara berkompetisi secara online. Tujuan IOI adalah untuk mengidentifikasi masalah, mengembangkan bakat, menjalin persahabatan internasional, dan memperkenalkan ilmu komputer kepada siswa sekolah menengah.

Sebelumnya, Mendikbudristek Nadiy Anwar Makarim mengatakan acara tersebut mempertemukan talenta digital dari seluruh dunia.

Nadeem mengatakan kompetisi merupakan cara terbaik untuk mendorong dan mendorong generasi muda dunia untuk mencintai ilmu komputer dan mengembangkannya untuk kehidupan yang lebih baik.

Artikel sebelumyaWapres melakukan kunjungan kerja ke Kalsel
Artikel berikutnyaDeputi DPR menyambut baik kenaikan gaji pejabat DPD Pemilu 2024