Beranda News Pemerintah Kabupaten Tangerang memastikan Pilkada akan digelar di 77 desa pada 10...

Pemerintah Kabupaten Tangerang memastikan Pilkada akan digelar di 77 desa pada 10 Oktober mendatang.

Ada 77 desa untuk pelaksanaan Pilkad serentak tahun 2021, sehingga kita berharap dapat mempersiapkan dan mengoptimalkannya dalam situasi pandemi COVID-19.

Tangerang (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Tangerang (Pemkab), Provinsi Banten, memastikan pemilihan kepala desa (pilkade) serentak di 77 desa di daerah itu pada 10 Oktober 2021.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moh Maesyal Rasiid di Tangerang, Senin, mengatakan keputusan pelaksanaan Pilkad itu berdasarkan hasil rapat koordinasi Forum Penghubung (Forkopimda) Kabupaten Tangerang.

“Ada 77 desa untuk pelaksanaan Pilkad serentak tahun 2021, sehingga mudah-mudahan bisa kita persiapkan dan optimalkan dalam situasi pandemi COVID-19 ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, pertimbangan lain saat memutuskan untuk menggunakan Pilkades secara bersamaan adalah untuk mempertimbangkan pengurangan kasus ganda COVID-19 yang terjadi di Kabupaten Tangerang.

“Padahal saat ini jumlah kasus COVID-19 sudah mulai menurun, dimulai dari penurunan okupansi rumah sakit dan peningkatan angka kesembuhan. Jadi ini salah satu pertimbangan yang harus dipenuhi oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar pada 10 Oktober 2021,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona saat pelaksanaan Pilkades di 77 desa, pihaknya harus mempercepat vaksinasi yang dilakukan TNI/Polri dan dinas kesehatan setempat.

“Nantinya mereka harus divaksinasi pada hari pemilihan kepala desa di satu TPS dengan 500 pemilih, minimal 50 persen,” katanya.

Dikatakannya, sejak jadwal pemilihan kepala desa yang telah ditentukan, pihaknya telah meminta camat, kepala desa dan RT/RW di masing-masing daerah untuk turut serta dalam komunikasi dan mengajak. masyarakat untuk segera divaksinasi terhadap COVID-19.

“Tentunya kami berusaha dan sudah mensosialisasikan ini ke masyarakat melalui camat, kemudian melalui kepala desa, kepala desa, RT/RW, untuk mengajak masyarakat agar mau divaksinasi agar Pilkades dapat dilaksanakan dengan aman. ,” dia berkata.

Sementara itu, Dadan Gandana, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Tangerang dan Kepegawaian Desa (DPMPD) Tangerang, menambahkan pihaknya siap menggelar Pilkada serentak pada 2021 di Kabupaten Tangerang, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Insya Allah kami siap, besok kami akan konsultasikan kembali dengan Kementerian Dalam Negeri tentang tata cara penyelenggaraan pemilihan kepala desa melalui pelaksanaan proco,” ujarnya.

Diakuinya, pihaknya sudah menyiapkan mekanisme teknis pelaksanaannya sejak lama. Mulai dari penerapan protokol kesehatan dan sarana prasarana hingga pembekalan kepada 12.000 penyelenggara pemilu dan KKPS yang ada.

“Semuanya kami siapkan mulai dari tempat dan infrastruktur sesuai dengan protokol kesehatan. Misalnya masker, tempat cuci tangan dan sarung tangan sekali pakai bagi masyarakat yang akan mencoblos nanti. Begitu juga perhitungan teknis di TPS sampai kita hitung ulang buletinnya. mari kita bicarakan lagi,” katanya.

Artikel sebelumyaDirtipidum Polri Ungkap Kronologi Awal Penganiayaan M. Kese
Artikel berikutnyaDNR: Penting untuk memerangi perubahan iklim dalam skala lokal dan global