Beranda Nusantara Pemerintah akan mempercepat restorasi mangrove

Pemerintah akan mempercepat restorasi mangrove

Ada banyak cara (mempercepat, red.) yang sedang kita bicarakan

Jakarta (ANTARA) – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kota Nurbaya mengatakan pemerintah akan mempercepat restorasi mangrove guna mencapai target restorasi sekitar 600.000 hektare mangrove pada 2024.

“Kalau kita lihat di lapangan, sejak akhir 1990-an, 2003 dan seterusnya, banyak pengalaman yang terakumulasi tentang bagaimana mengubah dari tambak, apakah itu tambak garam, udang, dll, maka kita harus mengembalikannya ke kondisi semula. ekosistem mangrove. ujarnya usai peluncuran Peta Mangrove. Taman Nasional 2021 di Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, saat ini mangrove telah menjadi masalah global, salah satunya terkait dengan perubahan iklim.

Sebagai pemilik salah satu ekosistem mangrove terbesar di dunia, kata dia, Indonesia memiliki fokus yang kuat terhadap kebijakan Presiden Joko Widodo untuk membentuk Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) untuk mempercepat pemulihan.

Menurut Peta Mangrove Nasional yang baru saja diluncurkan, terdapat 3.364.080 hektare mangrove di Indonesia. Indikator ini menunjukkan peningkatan seluas 3.311 207 hektar dibandingkan tahun 2013–2019 atau 52.873 hektar.

Dari 3,364 juta hektar lahan bakau, variasi tutupan telah diamati, mulai dari yang dalam kondisi baik hingga yang jarang.

Untuk mangrove yang berada di tempat persembunyian yang jarang hingga rusak, pemerintah bermaksud mempercepat restorasi mangrove sehingga mencapai luas sekitar 600.000 hektar pada tahun 2024.

“Ada banyak cara (percepatan, red.) yang sedang kita bicarakan. Dari pemerintah, selain APBN juga APBD. sukarelawan dari CSR, BUMN dan ada inisiatif masyarakat yang tidak biasa seperti adopsi pohon,” ujar City.

KLHK juga meminta pemegang izin untuk merestorasi mangrove di wilayahnya.

Artikel sebelumyaGetaran gempa Pasitana terasa hingga ke Yogyakarta.
Artikel berikutnyaBingkai bunga setinggi 289 cm di Kebun Raya Chibodas.