Beranda Warganet Partai Demokrat Sulawesi Tengah desak pemerintah provinsi ganti rumah yang terkena banjir...

Partai Demokrat Sulawesi Tengah desak pemerintah provinsi ganti rumah yang terkena banjir di Sigi

Sigi (ANTARA) –

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) meminta Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulawesi Tengah) mengganti rumah warga terdampak banjir di Kecamatan Pakuli, Kabupaten Sigi.
“Kami meminta pemerintah provinsi, dalam hal ini gubernur, untuk mengganti rumah yang rusak parah dengan tembok utuh,” kata Muharram Nurdin, Wakil Ketua Fraksi PDIP PDRP Sulawesi Tengah, di Sigi, Rabu.

Dia menjelaskan, pemerintah provinsi harus mengambil langkah konkrit, mengingat peringatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tentang prakiraan cuaca serupa akan terus berlanjut hingga Desember tahun depan.
Salah satunya, lanjut Muharram, membersihkan aliran sungai dari sisa-sisa material banjir dan membuat sempadan tebal di sepanjang bantaran sungai.

“Untuk pengolahan awal harus bersih-bersih dulu, karena penantian ini pasti sudah berlangsung lama karena banjir di tempat ini sudah berulang dalam beberapa tahun terakhir,” jelasnya.
Muharram juga menambahkan bahwa pemerintah daerah provinsi dapat lebih memperhatikan korban banjir yang masuk dalam kategori prioritas, yaitu penyandang cacat, lansia, bayi berusia lima tahun dan perempuan.

“Karena kelompok ini masih belum membutuhkan pangan secara umum, Menteri Sosial Tri Rismaharini,” kata Muharram.
Sebelumnya, Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini menyalurkan bantuan senilai Rp 878 juta untuk pembangunan lumbung pangan siap bencana di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, pada Rabu.

Artikel sebelumyaPBNU: Para pemuka agama harus memikirkan bagaimana agama bisa menjadi solusi masalah global
Artikel berikutnyaHasto: Proyek kantor PDIP di Colaca fokus pada generasi muda