Beranda News Papua Dorong Pembangunan Lintas Batas Laut RI-PNG

Papua Dorong Pembangunan Lintas Batas Laut RI-PNG

Jayapura (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Papua (Pemprov) melalui Badan Perbatasan Daerah dan Kerjasama Internasional (BPKLN) memfasilitasi pembangunan titik lintas batas maritim Indonesia dan Papua Nugini (PNG).

Kepala BPKLN Provinsi Papua Susana Wanggai di Jayapura, Rabu, mengatakan hal itu harus dilakukan, mengingat perbatasan dengan negara tetangga tidak hanya melalui jalur darat, tetapi juga jalur laut, yang memiliki potensi lebih tinggi baik dari sisi sumber daya alam maupun jalur laut. sudut pandang kegiatan informal.

“Sementara penyeberangan perbatasan laut di Hamadi Jayapura belum sempurna, jadi kami harus menawarkan kepada pemerintah pusat,” katanya.

Menurut Susana, pembangunan titik perbatasan laut ini menjadi kewenangan pemerintah pusat, yang hanya sebatas pembuatan proposal.

“Lokasinya akurat, kita masih perlu mencari titik strategis, tetapi sejauh ini kita menggunakan pos perbatasan angkatan laut Hamadi,” katanya.

Ia menjelaskan, pos perbatasan AL Hamadi tidak ideal karena tidak memenuhi kriteria pos perbatasan.

“Bisa dikatakan ideal jika pos perbatasan akan melakukan fungsi pengawasan dan pemantauan, namun posko yang ada saat ini belum memenuhi kriteria tersebut,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, karena belum ada, pihaknya saat ini menggunakan lintas batas laut yang terletak di Hamadi, Kota Jayapura, karena pengawasan harus dilakukan tidak hanya untuk wilayah utara, tetapi juga untuk wilayah selatan. wilayah. Papua.

Artikel sebelumyaCuplikan terakhir "Pasukan bunuh diri" fokus untuk menampilkan Bloodsport
Artikel berikutnyaDisumpah, Ibnu Arifin Sigap Tangani COVID-19