Beranda News Papua Barat sedang menunggu Menteri Dalam Negeri Asia Tenggara untuk menyiapkan anggaran...

Papua Barat sedang menunggu Menteri Dalam Negeri Asia Tenggara untuk menyiapkan anggaran pemilu 2024.

Manokwari (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Papua Barat masih menunggu surat edaran dari Menteri Dalam Negeri terkait anggaran Pilkada serentak 2024 yang akan dimulai pada 2023.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Papua Barat, Enos Arongear di Manokwari, Senin mengatakan, persiapan pemilihan umum 2024 harus dimulai pada 2023, sehingga pemerintah daerah harus mengalokasikannya ke anggaran sebelum 2023.

“Pembahasan APBD 2023 akan dilakukan secara serius karena tahapan pemilihan umum akan dimulai tahun depan. CPU dan Bawaslu tentunya akan dialokasikan anggaran agar semua tahapan pemilu bisa terselenggara tepat waktu,” ujarnya.

Ia mengatakan, sejauh ini Pemprov Papua Barat belum menerima surat edaran dari Menteri Dalam Negeri terkait penghitungan anggaran yang diperlukan untuk penyelenggaraan Partai Demokrat, baik rencana pemilihan presiden, wakil presiden, maupun pemilihan legislatif. pada bulan Februari 2024 atau pemilihan kepala daerah yang dijadwalkan pada bulan November 2024

Dijelaskannya, SK Mendagri tersebut digunakan untuk menghitung biaya yang diperlukan untuk penyelenggaraan pemilu baik untuk KPU maupun badan pengawas pemilu. “Sekarang belum bisa kami sebutkan jumlahnya, tapi anggaran pra-pemilu sebelumnya akan menjadi gambaran sementara kami,” jelasnya.

Dalam menentukan anggaran pilkada, pemerintah daerah harus cermat menghitung kebutuhan, hal ini menjadi dasar suksesnya penyelenggaraan pilkada mendatang.

Sebelumnya dalam pemilihan gubernur Papua Barat 2017, pemerintah provinsi Papua Barat menganggarkan Rs 506 miliar. Anggaran penyelenggaraan pemilu akan disampaikan kepada pelaksana yakni KPU dan Bawaslu dalam bentuk Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Artikel sebelumyaKeluarga Bantah Prof Azumardi Azra Meninggal Karena Terinfeksi COVID-19
Artikel berikutnyaPutra sulung mengingat Azumardi sebagai pekerja keras dan disiplin