Beranda Nusantara Palembang butuh 120 waduk untuk mengatasi banjir

Palembang butuh 120 waduk untuk mengatasi banjir

Kolam bendungan harus mengisi kolam yang ada seperti kolam bendungan Brimob di Jalan Demang Lebar Bawah, Jakabaring dan Sungai Bendung.

Sumatera Selatan (ANTARA). Kota Palembang di provinsi Sumatera Selatan membutuhkan 120 kolam infrastruktur untuk memaksimalkan penyerapan air untuk mengatasi banjir yang sering terjadi saat musim hujan.

Bab VIII Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) Palembang Maryadi di Palembang, Jumat mengatakan, berdasarkan penilaian pihaknya, jumlah kolam penampungan dinilai sangat sesuai dengan kondisi yang ada.

Karena di Kota Palembang yang merupakan daerah dataran rendah dan berawa, saat ini baru terdapat 42 waduk.

Sehingga air yang tumpah di permukaan tidak terserap secara optimal dan tidak masuk kembali ke sungai.

Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penyebab banjir setiap tahunnya.

“Untuk itu, kurang lebih 78 infrastruktur kolam pengendapan perlu disiapkan untuk memaksimalkan penyerapan air di daerah yang dianggap rawan banjir,” katanya.

Dalam hal ini, BBWSS VIII Palembang akan mengimplementasikannya secara bertahap, ujarnya. Pembangunan infrastruktur kolam penampungan saat ini sedang berlangsung di kawasan Simpang Bandara Sultan Mahmoud Badaruddin II, Kecamatan Sukarame.

Kolam bendungan harus mengisi kolam yang ada seperti kolam bendungan Brimob di Jalan Demang Lebar Bawah, Jakabaring dan Sungai Bendung.

Selain itu, untuk menyelamatkan Palembang dari banjir, pihaknya bersama instansi terkait juga mengintensifkan pembersihan bantaran sungai.

Misalnya, bermitra dengan puluhan komunitas sungai untuk meluncurkan kampanye pembersihan sungai dan saluran air di beberapa titik di Kota Palembang.

“Setiap Sabtu dan Minggu, kami bekerja sama dengan masyarakat untuk membersihkan sungai dan aliran yang dipenuhi puing-puing dan lumpur untuk meminimalkan banjir,” katanya.

Artikel sebelumyaPencinta penyu Polewali Mandar raih penghargaan Kalpataru
Artikel berikutnyaBRIN memprediksi hujan lebat dengan potensi banjir di beberapa wilayah.