Beranda Hukum ORI bersikeras bahwa dugaan persekongkolan sasis polisi dikriminalisasi

ORI bersikeras bahwa dugaan persekongkolan sasis polisi dikriminalisasi

Dugaan kami adalah bahwa ini adalah sindikat, jadi harus ada penyelidikan kejahatan dan mencari tahu siapa dalangnya.

Palu (ANTARA) – Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah (ORI Sulawesi Tengah) mencurigai adanya pembobolan oleh pemohon (casis) golongan kedua anggota Polri Polda Sulawesi Tengah. dibawa ke tanggung jawab pidana.

“Kasus ini harus ditutup sebelum masuk ke ranah pidana, karena akan menjadi dorongan untuk menjaga keutuhan Polri yang saat ini tengah menjadi perhatian publik,” kata Sofyan Farid Lembach, Kepala Ombudsman Sulteng. Palu Kamis.

Ia menjelaskan, penahanan Brigadir D untuk menjalani sidang etik merupakan awal yang baik, karena diduga telah melakukan pelanggaran administrasi dengan mengambil petunjuk dari 18 petugas BNN Polri gelombang kedua.

Namun, Sofyan menyatakan pengungkapan kasus tidak boleh berhenti pada sidang etik Brigjen D., tetapi harus bergerak ke tahap hukum pidana.

Selain itu, Ombudsman Sulteng melaporkan bahwa salah satu tanda keterlibatan pihak lain dalam dugaan pemberian reward adalah status Brigjen D yang hanya panitia khusus bidang kesehatan, dan bukan dalam struktur umum KPU. panitia untuk melakukan seleksi dan penetapan pelepasan sasis anggota Polri di Polda.

“Kami menduga ini adalah sindikat sehingga harus ada penyelidikan kriminal dan mencari tahu siapa dalangnya karena pada pemeriksaan ketat tidak mungkin untuk biaya Rs.

Oleh karena itu, katanya, uang miliaran rupiah yang telah dikembalikan ke masing-masing motherboard tidak akan menghentikan gugatan yang sedang berlangsung.

Sofyan meminta agar Kapolda Sulteng, Rudy Sufariadi, terbuka dan melibatkan pengawasan eksternal dalam menyelesaikan kasus tersebut.

“Capolda harus terbuka untuk menilai sumber daya manusia internal, bukan tertutup,” katanya.

Artikel sebelumyaMataram Kejari memusnahkan uang palsu senilai Rp 12,7 juta dan sabu 7 ons
Artikel berikutnyaPolisi Tangkap Pengedar Ganja Melalui Jasa Ekspedisi di Cirebon