Beranda Nusantara NASA Konfirmasi Misi DART Berhasil Mengubah Orbit Asteroid di Luar Angkasa

NASA Konfirmasi Misi DART Berhasil Mengubah Orbit Asteroid di Luar Angkasa

LOS ANGELES (ANTARA) — Los Angeles, 11 Oktober (Xinhua) — Misi Double Asteroid Redirect Test (DART) NASA berhasil mengorbit ulang asteroid Dimorphos ketika sebuah pesawat antariksa NASA dengan sengaja menabrak batu luar angkasa, kata NASA dalam sebuah pernyataan. . Selasa (11.10).

Ini adalah pertama kalinya manusia dengan sengaja mengubah gerakan objek astronomi, dan demonstrasi skala penuh pertama dari teknologi defleksi asteroid, menurut NASA.

Sebelum menabrak DART, Dimorphos membutuhkan waktu 11 jam dan 55 menit untuk mengorbit asteroid induknya yang lebih besar, Didymos.

Sejak tabrakan disengaja DART dengan Dimorphos pada 26 September, para astronom telah menggunakan teleskop di Bumi untuk mengukur berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengorbit telah berubah.

Sekarang, tim investigasi telah mengkonfirmasi bahwa dampak dengan pesawat ruang angkasa mengubah orbit Dimorphos di sekitar Didymos selama 32 menit, memperpendek orbit yang sebelumnya memakan waktu 11 jam 55 menit menjadi 11 jam 23 menit, kata NASA.

Menurut NASA, misi DART bertujuan untuk mengubah orbit asteroid melalui tumbukan kinetik untuk menguji dan menguji metode pertahanan Bumi jika terjadi ancaman benturan asteroid.

Pesawat ruang angkasa DART diluncurkan pada 24 November 2021 dan membutuhkan waktu 10 bulan untuk mencapai target asteroidnya.

Artikel sebelumyaBMKG mengimbau warga NTT mewaspadai kondisi cuaca ekstrem akibat gelombang Rossby.
Artikel berikutnyaBahaya hidrometeorologi darurat telah dideklarasikan secara mendesak di seluruh wilayah DPR.