Beranda News MPR: Segera Akhiri Program Anak Terdampak Pandemi

MPR: Segera Akhiri Program Anak Terdampak Pandemi

Jakarta (ANTARA) – Ketua Umum MNR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Sosial (Kemenos) bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) segera menyimpulkan pembahasan skema alokasi anggaran untuk menjamin perlindungan anak yang orang tuanya. telah meninggal karena COVID-19.

“Pemerintah juga bisa mengkoordinir tindakan jika ada individu atau masyarakat yang ingin memberikan bantuan, sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung bagi anak yatim atau dhuafa. Ini karena membantu anak adalah tanggung jawab negara,” kata Bambang. Soesatyo dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Ia juga meminta Kemensos bekerja sama dengan kementerian dan departemen terkait serta melibatkan tokoh lintas agama serta pengurus RT/RW setempat dalam pendataan anak-anak yang menjadi yatim piatu, yatim piatu atau yatim piatu akibat COVID-19.

Langkah tersebut, kata dia, bermula dari pengurus RT/RW dan tokoh lintas agama yang berada di garda terdepan pencarian anak yatim akibat pandemi.

“Saya meminta pemerintah untuk mempertimbangkan dengan cermat skema yang tepat untuk membantu anak-anak yang menjadi yatim piatu/atau keduanya karena COVID-19. Karena Indonesia secara geografis sangat luas dan memiliki karakteristik daerah yang berbeda-beda,” ujarnya.

Bamset meminta Kemensos berkomitmen menangani permasalahan anak terdampak pandemi dan memberikan perlindungan agar benar-benar terwujud.

Menurutnya, melindungi anak-anak yang terkena dampak pandemi adalah tugas bersama untuk “mengambil bola” bagi anak jalanan, termasuk anak yatim, agar tidak berubah menjadi ledakan masalah sosial di kemudian hari.

Artikel sebelumyaKementerian Sumber Daya Alam meminta pemerintah memperbarui data penerima bansos secara berkala
Artikel berikutnyaDirektur Jenderal Asia Pasifik Mengatakan Situasi Di Afghanistan Tidak Seburuk Yang Diharapkan