Beranda News MPR: Nilai Kepahlawanan Ratu Kalinyamat – Teladan Bagi Anak Bangsa

MPR: Nilai Kepahlawanan Ratu Kalinyamat – Teladan Bagi Anak Bangsa

Gagasan menjadikan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional bermula dari paradigma pemikiran sejarah, yang dengannya menghargai, menghormati jasa dan perjuangan Ratu Jepara yang pemikirannya jauh di depan zamannya.

Jakarta (ANTARA) – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan nilai-nilai kepahlawanan Ratu Kalinyamat diharapkan dapat membangkitkan semangat nasionalisme dan menjadi panutan bagi anak negeri. tantangan yang dihadapi saat ini dan di masa yang akan datang.

“Gagasan menjadikan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional bermula dari paradigma pemikiran sejarah yang menghargai, menghormati, dan menghargai jasa dan perjuangan Ratu Jepara yang pemikirannya jauh di depan zamannya,” kata Lestari Murdijat dalam sambutannya. pernyataan di Jakarta, Minggu.

Hal itu dikatakannya saat menjadi pembicara dalam pertemuan pakar “Ratu Kalinyamat: Perempuan Pelopor Anti Kolonialisme 1549-1579” di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (9 November). Dalam pertemuan ahli tersebut, Rektor Universitas Islam Jepara Nahdlatul Ulama Saadullah Assaidi dan Ketua Kelompok Ahli Ratu Kalinyamat Ratno Lukito memperkenalkannya.

Banyak pemikiran Ratu Kalinyamat yang masih relevan dengan Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, termasuk gagasan poros laut yang dipraktikkan pada masa pemerintahan Jepar, kata Lestari.

Ia juga percaya bahwa kehadiran Ratu Kalinyamat, yang memimpin perjuangan melawan penjajah Portugis, juga menunjukkan bahwa perempuan di Nusantara pada waktu itu memainkan peran yang sama dengan laki-laki.

“Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyampaikan penghargaan saya yang mendalam atas 2,5 tahun upaya para ahli untuk menelusuri sejarah Ratu Kalinyamat dan menemukan sumber-sumber utama,” katanya.

Lestari menjelaskan, selesainya penelitian sejarah terkait Ratu Kalinyamat bukanlah akhir dari proses, melainkan babak baru dalam perjuangan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional.

Politisi Partai NasDem ini mengatakan, dengan ditetapkannya Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional, diharapkan nilai-nilai nasionalisme yang diperlihatkan Ratu Jepara dapat menginspirasi anak-anak negeri untuk mengatasi masalah di masa depan.

“Meski begitu, kami membutuhkan dukungan pemangku kepentingan baik dalam sosialisasi maupun formalitas sebagaimana diamanatkan UU 20 Tahun 2009 untuk menjadikan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional,” ujarnya.

Ketua Kelompok Pakar Ratu Kalinyamat Ratno Lukito mengatakan, ditemukannya sumber-sumber primer terkait perlawanan Ratu Jepara terhadap Portugis membuktikan bahwa keberadaan Ratu Kalinyamat bukanlah mitos.

Dijelaskannya, pada masa pemerintahan Ratu Kalinyamat, strategi pembangunan Jepara lebih difokuskan pada penguasaan sektor niaga dan angkatan laut.

“Kedua bidang ini berkembang dengan baik berkat kerja sama dengan beberapa kerajaan maritim seperti Johor, Aceh, Maluku, Banten, dan Cirebon,” katanya.

Menurutnya, Ratu Kalinyamat dipandang sebagai simbol keteladanan dan sumber inspirasi tindakan yang tidak hanya sebatas gagasan, tetapi juga tindakan nyata melawan Portugis di Malaka.

Artikel sebelumyaSatgas Pamtas hentikan penyelundupan mobil dari Malaysia
Artikel berikutnyaLiterasi digital sebagai pertahanan terhadap penipuan dan kesalahan informasi