Beranda Nusantara Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Partisipasi masyarakat dalam kehutanan terus meningkat

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Partisipasi masyarakat dalam kehutanan terus meningkat

memastikan pemanfaatan sumber daya hutan secara berkelanjutan oleh sejumlah besar masyarakat

Jakarta (ANTARA) – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kota Nurbaya mengatakan pemerintah terus melakukan langkah-langkah untuk mendorong partisipasi masyarakat dan masyarakat dalam pengelolaan hutan.

“Pemerintah Indonesia telah bekerja sejak tahun 2015 untuk menyelesaikan konflik penguasaan lahan hutan dan meningkatkan kebijakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan hutan,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota, membuka Konferensi Penelitian Kehutanan Internasional ke-6 pertanian di Indonesia (INAFOR) dipantau secara virtual. dari Jakarta, Selasa.

Tujuan tersebut diupayakan melalui pendekatan penguasaan lahan dan pengelolaan hutan guna mendorong munculnya kegiatan ekonomi masyarakat.

Beberapa langkah tersebut antara lain meluncurkan Program Reforma Agraria, memperluas dan mempercepat Program Perhutanan Sosial, dan mendorong pemangku kepentingan kehutanan untuk berkolaborasi dengan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan.

Dalam kesempatan tersebut, Kota juga menjelaskan bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah mengambil langkah-langkah menanggapi seruan Presiden Joko Widodo untuk perbaikan ekonomi dan sosial di masyarakat.

KLHK telah mengambil langkah-langkah untuk menyelaraskan pengelolaan hutan, yaitu meningkatkan kualitas lingkungan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan dan memanfaatkan sumber daya hutan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung pembangunan nasional dan ekonomi sirkular.

Selain itu, transformasi kehutanan dilakukan atas dasar faktor-faktor produksi sosial untuk meningkatkan kesejahteraan.

“Kebijakan ini diadopsi untuk memastikan bahwa lebih banyak masyarakat menggunakan sumber daya hutan secara berkelanjutan melalui perhutanan sosial, moratorium izin konsesi di beberapa wilayah hutan perawan dan gambut, dan mengakhiri pembukaan lahan gambut,” kata City.

Artikel sebelumyaPengiriman burung ilegal ke Gunung Merapi dicegah kemarin
Artikel berikutnyaMenteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengapresiasi peran peneliti di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.