Beranda Nusantara Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengapresiasi peran peneliti di bidang lingkungan hidup...

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengapresiasi peran peneliti di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Peran peneliti juga masih diperlukan, termasuk dalam pengembangan perangkat standardisasi di bidang lingkungan dan kehutanan.

Jakarta (ANTARA) – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kota Nurbaya mengucapkan terima kasih kepada para peneliti lingkungan dan kehutanan yang telah berperan penting dalam pengambilan kebijakan di dua sektor tersebut.

“Perkenankan saya mengucapkan terima kasih kepada para peneliti atas kiprahnya di bidang lingkungan dan kehutanan,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota pada Konferensi Internasional Peneliti Hutan Indonesia (INAFOR) ke-6 yang dipantau secara virtual dari Jakarta, Selasa.

City menegaskan bahwa informasi yang diperoleh dari penelitian, pengembangan dan inovasi para peneliti tersebut masih dibutuhkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk merumuskan kebijakan di kedua sektor tersebut.

Peran peneliti juga masih diperlukan, termasuk dalam pengembangan perangkat standardisasi di bidang lingkungan dan kehutanan.

“Kami berharap alat ini dapat membantu mempercepat pemulihan ekonomi sekaligus memperbaiki lingkungan dan kehutanan,” kata City.

Menurutnya, pendekatan ilmiah sangat penting dalam kebijakan lingkungan, terutama dalam pengelolaan hutan lestari.

KLHK sendiri membentuk Badan Standardisasi Alat Lingkungan dan Kehutanan (BSI LHK) tahun ini setelah Badan Litbang KLHK sebelumnya dilebur dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Badan tersebut mengoordinasikan pengembangan, penerapan, dan penilaian standar lingkungan di berbagai sektor. Fokusnya adalah pada aspek kualitas lingkungan, pengelolaan hutan lestari, ketahanan terhadap bencana lingkungan dan perubahan iklim, serta mendorong penerapan standar instrumen lingkungan dan kehutanan.

Artikel sebelumyaMenteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Partisipasi masyarakat dalam kehutanan terus meningkat
Artikel berikutnyaSiklon Tropis Chantu Konson secara tidak langsung mempengaruhi cuaca di Indonesia